50 Ribu Buruh Disebut Bakal Ikut Aksi May Day Fiesta

Nusantaratv.com - 13 Mei 2022

Buruh. (Antara)
Buruh. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyebut aksi unjuk rasa dalam rangka peringatan hari buruh atau May Day di depan Gedung DPR, Jakarta, bakal diikuti lebih dari 50.000 buruh pada Sabtu (14/5/2022). Setelah aksi di depan gedung parlemen, massa menggelar acara May Day Fiesta di Gelora Bung Karno (GBK).

"Ada lebih dari 50 ribu buruh yang akan mengikuti (aksi) ini," kata Said dalam konferensi pers daring, Jumat (13/5/2022).

Menurutnya, ada empat konfederasi buruh, 60 federasi serikat di tingkat nasional, serta elemen-elemen gerakan lain seperti Forum Guru Honorer, Urban Poor Consortium, Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga (Jala PRT), dan Buruh Migran, yang bakal mengikuti peringatan May Day esok hari.

Said Iqbal yang merupakan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), mengungkapkan massa buruh membawa 18 tuntutan. Sejumlah tuntutan yaitu, menolak omnibus law RUU Cipta Kerja, mendesak pemerintah menurunkan harga bahan pokok, dan mendesak pemerintah dan DPR mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).

Menurut rencana, aksi di depan gedung DPR akan digelar pukul 10.00-12.00 WIB. Setelah itu, massa buruh akan bergerak ke GBK.

"(Sebanyak) 50 ribu buruh akan melakukan May Day Fiesta pada tanggal 14 Mei 2022 jam 12.30 WIB hingga jam 17.00 WIB bertempat di Stadion Utama GBK, Senayan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close