4.216 Personel Gabungan Amankan May Day Hari Ini

Nusantaratv.com - 01 Mei 2023

Ilustrasi. (Antara)
Ilustrasi. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Serikat buruh bakal melakukan aksi Hari Buruh atau May Day pada hari ini, Senin (1/5/2023). Sebanyak 4.216 personel gabungan dikerahkan guna mengamankan aksi.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menjelaskan, ada empat wilayah yang menjadi konsentrasi pengamanan dalam peringatan May Day, yakni di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa Timur.

"Adapun empat titik yang menjadi konsentrasi massa buruh yakni di Istana Negara, Gedung MPR/DPR RI, Lapangan Panahan Senayan dan GOR Rawa Badak Jakarta Utara," ujar Sandi, Minggu (30/4/2023).

Untuk wilayah Polda Metro Jaya, sebanyak 4.216 personel gabungan dikerahkan mengamankan May Day. Rinciannya 3.318 dari Polri, 690 personel dari TNI dan 208 personel dari Pemprov DKI Jakarta.

Beberapa rekayasa lalu lintas nantinya juga akan dilakukan di lokasi-lokasi tempat massa buruh melakukan aksi. Disebutkan rekayasa dan pengalihan arus lalin kan bersifat situasional.

Ia mengimbau para buruh melakukan aksi dengan tertib. Ia juga memastikan Polri siap mengamankan para buruh menyampaikan aspirasinya.

"Polri siap mengawal dan mengamankan massa buruh menyampaikan aspirasinya. Namun penyampaikan pendapat dan aspirasi harus dilakukan secara tertib, aman dan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku," kata dia.

Aksi May Day ini diketahui akan dilakukan secara serempak di berbagai provinsi. Untuk pengamanan di wilayah Polda Jawa Barat, disebut sebanyak 1.019 personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan aksi buruh di beberapa wilayah. Sedangkan wilayah Polda Jawa Tengah juga menurunkan sebanyak 4.319 personel gabungan dan Polda Jawa Timur ada 3.360 personel gabungan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close