41,6 persen anggota panwaslu kecamatan di Pariaman dari kaum perempuan

Nusantaratv.com - 28 Oktober 2022

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman Riswan. ANTARA/Aadiaat M.S.
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman Riswan. ANTARA/Aadiaat M.S.

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Sekitar 41,6 persen atau lima dari 12 anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan di Kota Pariaman, Sumatera Barat, berasal dari kalangan perempuan, atau mengalami kenaikan daripada jumlah pemilu sebelumnya sekitar 25 persen.
 
"Selain kami memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan juga melihat kemampuan mereka," kata Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman Riswan di Pariaman, Jumat.
 
Meskipun perempuan, menurut Riswan, mereka dapat bekerja sesuai dengan tugasnya karena memiliki pengalaman berorganisasi, berpengalaman bidang kepemiluan, serta mendapatkan pelatihan yang intens dari bawaslu.
 
Ia menyebutkan pada pesta demokrasi sebelumnya anggota panwaslu kecamatan yang perempuan di Pariaman juga memiliki prestasi yang baik, bahkan ada di daerah lain anggota panwaslu di satu kecamatan semuanya perempuan yang kinerjanya tidak kalah dengan laki-laki.
 
"Kami sudah petakan dari pelaksanaan sebelumnya, ternyata perempuan dapat menjalankan tugas sebagai panwaslu kecamatan dengan baik," katanya.
 
Dengan adanya prestasi tersebut, kata dia, dapat menepis anggapan masyarakat selama ini bahwa kaum perempuan memiliki banyak keterbatasan.
 
Hingga siang tadi, pihaknya telah melantik 12 anggota panwaslu kecamatan untuk empat kecamatan di Pariaman. Pada hari yang sama, pihaknya juga melaksanakan pembekalan mulai Jumat hingga Sabtu (29/10).
 
Sebelumnya, sebanyak 67 orang atau sekitar 42,4 persen dari 158 pendaftar panwaslu kecamatan di Bawaslu Kota Pariaman berasal dari kaum perempuan.
 
"Jumlah ini di luar ekspektasi kami. Kami membutuhkan keterwakilan perempuan minimal 30 persen, jadi antusias ini luar biasa," kata Riswan.
 
Menurut dia, banyaknya yang mendaftar serta tingginya pendaftar dari kalangan perempuan karena jauh sebelum pembukaan pendaftaran pihaknya sudah menyosialisasikan kepada masyarakat. Selain itu, penerimaan anggota ad hoc di bawaslu ini terlebih dahulu dibandingkan dengan KPU.
 
Dengan tingginya antusias pendaftar panwaslu kecamatan tersebut, dia berharap dapat menciptakan pengawasan pemilu yang berkualitas di daerah itu.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close