40 Orang Tewas dan 100 Terluka dalam Insiden Penembakan Massal di Moskow Rusia

Nusantaratv.com - 23 Maret 2024

Penembakan massal di ibu kota Moskow, Rusia (moscow times)
Penembakan massal di ibu kota Moskow, Rusia (moscow times)

Penulis: Adiansyah

Nusantaratv.com - Sebanyak 40 orang tewas dan 100 lainnya terluka setelah orang-orang bersenjata melepaskan tembakan di dalam gedung konser di wilayah Moskow Jumat, 22 Maret 2024 waktu setempat.

Hal tersebut menyebabkan penonton konser melarikan diri demi menyelamatkan nyawa mereka, terlihat dari video mengerikan yang direkam di lokasi tersebut.

Tragedi ini sedang diselidiki sebagai serangan teroris, dikemukakan oleh Kementerian Luar Negeri Rusia pada hari Jumat. 

“Seluruh komunitas dunia wajib mengutuk kejahatan mengerikan ini. Semua upaya dilakukan untuk menyelamatkan orang,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Maria Zakharova dikutip dari Daily Beast.

Suara tembakan keras terdengar dari video yang beredar di media sosial dari Balai Kota Crocus, sebuah tempat yang dapat menampung 6.000 orang. Kantor berita negara melaporkan jika sebanyak 70 kru ambulans dikerahkan ke lokasi kejadian.

Kementerian Darurat Wilayah Moskow mengarahkan dua helikopter untuk memadamkan api dan 320 petugas pemadam kebakaran.

“Tragedi mengerikan terjadi di pusat perbelanjaan Crocus City hari ini. Saya turut berduka cita untuk orang-orang terkasih dari para korban,” kata Walikota Moskow, Sergei Sobyanin dalam konferensi pers. 

Sobyanin mengatakan para penyerang menggunakan senjata otomatis, namun tidak memberikan perkiraan jumlah korban jiwa.

Penembakan massal di ibu kota Moskow, Rusia (Daily Beast)

“Orang-orang yang berkamuflase, setidaknya tiga orang, menyerbu ke lantai dasar Balai Kota Crocus dan melepaskan tembakan dari senjata otomatis. Pasti ada yang terluka,” lapor kantor berita negara RIA Novosti, mengutip seorang reporter di lokasi kejadian.

“Setelah itu mereka melemparkan granat yang memicu kebakaran,” tambahnya. 

Dalam kejadian tersebut, sumber mengatakan kalau orang-orang yang ada di lokasi berbaring di lantai demi menghindari penembakan. 

Menurut keterangan saksi mata, kantor berita Rusia TASS melaporkan jika sebuah ledakan terjadi di gedung konser sebelum penembakan dan kebakaran besar terjadi. Video kebakaran itu dibagikan secara online, memperlihatkan atap bangunan dilalap api.

Sementara, penembakan tersebut terjadi saat massa berkumpul untuk menyaksikan konser Picnic, band rock terkenal Rusia.

Kantor Kejaksaan Agung Rusia mengungkapkan dalam sebuah pernyataan bahwa tembakan terjadi sebelum pertunjukan dimulai.

“Malam ini, sebelum dimulainya sebuah acara di gedung konser di Krasnogorsk, pria tak dikenal yang mengenakan pakaian kamuflase menyerbu masuk ke dalam gedung dan mulai menembak,” kata juru biacara kantor tersebut

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close