4 Militan ISIS Tewas dalam Serangan Udara di Irak

Nusantaratv.com - 20 Juni 2022

Ilustrasi kelompok ISIS. (Net)
Ilustrasi kelompok ISIS. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Empat militan ISIS, termasuk pemimpin kelompok itu di Provinsi Anbar tewas pada Minggu (19/6/2022) dalam serangan udara di wilayah Irak barat.

Hal itu disampaikan militer Irak, seperti dikutip dari Xinhua, Senin (20/6/2022). Berdasarkan laporan intelijen, angkatan bersenjata Irak melancarkan serangan udara ke sebuah truk yang membawa pemimpin ISIS berjuluki Abu Mansour di Anbar, dan tiga militan lainnya di daerah gurun dekat kota Ar-Rutba.

Yakni sekitar 390 km sebelah barat ibukota Baghdad, kata kantor media Komando Operasi Gabungan Kementerian Pertahanan Irak dalam pernyataannya. Pasukan tentara kemudian menggeledah lokasi yang ditargetkan dan menemukan empat mayat, sebuah truk yang hancur, dua sabuk peledak, dua senapan dan pistol, menurut pernyataan itu.

Abu Mansour merupakan salah satu dari militan yang bertanggung jawab dalam menargetkan warga di jalan internasional Baghdad-Amman di daerah Ar-Rutba, dan memegang beberapa posisi dalam kelompok ISIS di Irak dan Suriah, menurut pernyataan terpisah yang dirilis Badan Intelijen Nasional Irak (Iraqi National Intelligence Service/INIS). 

Pasukan keamanan Irak telah memerangi militan ISIS selama beberapa bulan terakhir untuk menindak aktivitas intensif mereka. Situasi keamanan di Irak telah membaik sejak kekalahan ISIS pada 2017.

Namun, sisa-sisa militan ISIS telah melebur ke pusat-pusat kota, gurun, dan daerah-daerah terjal lainnya, dan kerap melakukan serangan gerilya terhadap pasukan keamanan dan warga sipil.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])