4 Menterinya Bakal Dihadirkan ke Persidangan MK, Ini Reaksi Jokowi

Nusantaratv.com - 03 April 2024

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai empat menterinya yang dipanggil Mahkamah Konstitusi (MK) ke sidang sengketa hasil Pilpres 2024. Jokowi memastikan semua menterinya akan hadir pada sidang tanggal 5 April 2024 itu.

"Iya semuanya akan hadir karena diundang oleh MK, semuanya akan hadir hari Jumat," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/4/2024).

Jokowi tak menjawab kala ditanya apakah dirinya memberikan arahan kepada empat menteri yang dipanggil. Tapi ia memastikan semua menterinya akan memberikan keterangan sesuai tupoksi masing-masing.

"Ya menerangkan apa yang sudah dilakukan masing-masing menteri. Buat menteri keuangan, mengenai anggaran seperti apa. Kalau Bu Mensos mengenai bantuan sosial dijelaskan seperti apa. Nanti akan dijelaskan semuanya lah, ditunggu aja hari Jumat, ya," jelas dia

Sebelumnya, majelis hakim MK bakal memanggil empat menteri ke sidang sengketa hasil Pilpres. Mereka akan dimintai keterangan oleh majelis hakim.

"Saudara Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Bapak Airlangga Hartarto Menteri Keoordinator Bidang Perekonomian, Ibu Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan, Ibu Tri Rismaharini Menteri Sosial dan lima dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu," ujar ketua majelis hakim Suhartoyo dalam persidangan di gedung MK, Senin (1/4/2024).

Mereka akan dipanggil pada Jumat (5/4/2024). Suhartoyo mengatakan MK sebenarnya menolak permohonan para pemohon yakni kubu Ganjar dan Anies untuk memanggil para menteri.

Tapi, dia mengatakan hakim MK menilai keterangan dari lima pihak itu penting. Walau demikian, hanya majelis hakim dapat bertanya ke para menteri di persidangan. 

"Karena ini keterangan yang diminta mahkamah maka nanti pihak-pihak tidak kami sediakan waktu untuk mengajukan pertanyaan, jadi yang melakukan pendalaman hanya para hakim," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close