4 Menteri Jokowi Dipanggil MK, Gibran: Jalani Saja

Nusantaratv.com - 02 April 2024

Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka. (Antara)
Wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Mahkamah Konstitusi (MK) memanggil Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk hadir pada sidang sengketa hasil Pilpres 2024. Wakili presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengaku tak masalah terhadap pemanggilan yang dijadwalkan untuk sidang pada 5 April 2024 itu. 

"Ya kita jalani saja prosesnya," ujar Gibran, Selasa (2/4/2024). 

Gibran menegaskan pihaknya menghormati proses sidang sengketa hasil Pilpres yang saat ini masih berjalan. Ia pun mengaku tak masalah jika Airlangga Hartarto, yang jadi bagian dari tim pemenangan pasangan Prabowo-Gibran, ikut dipanggil MK.

"Kita menghormati proses yang berjalan yang di sana. (Pak Airlangga) Iya iya," jelas dia.

Sebelumnya, ketua majelis hakim sidang sengketa hasil Pilpres, Suhartoyo mengatakan keempat menteri tersebut akan dimintai keterangan oleh hakim. Selain menteri, majelis juga meminta kehadiran Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). 

Suhartoyo menegaskan, MK sebenarnya menolak permohonan para pemohon yakni Anies dan Ganjar, untuk memanggil para menteri. Namun, dia mengatakan majelis hakim menilai keterangan dari lima pihak itu penting. Walau demikian, kata Suhartoyo, para pihak nantinya tidak bisa bertanya ke para menteri di persidangan. 

"Karena ini keterangan yang diminta Mahkamah maka nanti pihak-pihak tidak kami sediakan waktu untuk mengajukan pertanyaan, jadi yang melakukan pendalaman hanya para hakim," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close