31 Masjid di Jalur Gaza Hancur Akibat Serangan Israel Sejak 7 Oktober 2023

Nusantaratv.com - 23 Oktober 2023

Warga Palestina berkumpul di sekitar sissa-sisa masjid yang hancur akibat serangan Israel di jalur Gaza utara, Palestina, 22 Oktober 2023. (Reuters)
Warga Palestina berkumpul di sekitar sissa-sisa masjid yang hancur akibat serangan Israel di jalur Gaza utara, Palestina, 22 Oktober 2023. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Serangan udara Israel di Jalur Gaza telah menghancurkan lima masjid lagi, sehingga jumlah totalnya menjadi 31 sejak perangnya melawan kelompok Hamas dimulai 7 Oktober lalu.

Data jumlah masjid yang hancur akibat serangan militer Zionis Israel itu diumumkan Kementerian Wakaf dan Agama yang dikontrol Hamas di Gaza pada Minggu (22/10/2023).

Melansir Middle East Monitor, Senin (23/10/2023), kementerian juga menyoroti pemboman militer Israel terhadap beberapa situs sipil seperti kantor pusat kementerian, stasiun radio Al-Quran milik kementerian, dan sebuah gereja.

Dikatakannya, 10 pegawai kementerian kehilangan nyawa dalam serangan udara Israel, dan beberapa lainnya terluka.

Konflik di Gaza dimulai ketika Hamas memulai Operasi Banjir Al-Aqsa, sebuah serangan mendadak multi-cabang yang mencakup rentetan peluncuran roket dan infiltrasi ke Israel melalui darat, laut, dan udara, pada 7 Oktober lalu.

Serangan mengejutkan yang menewaskan lebih dari 1.400 orang di Israel itu diklaim sebagai pembalasan atas penyerbuan Masjid al-Aqsa dan meningkatnya kekerasan yang dilakukan oleh para pemukim Israel.

Militer Israel kemudian melancarkan Operasi Pedang Besi terhadap target-target Hamas di Jalur Gaza. Setidaknya 4.385 warga Palestina, termasuk 1.756 anak-anak dan 1.000 wanita telah tewas dalam serangan Israel di Gaza, sementara di pihak Israel jumlah yang tewas mencapai lebih dari 1.400 orang.

Pada Sabtu (21/10/2023), konvoi bantuan kemanusiaan mulai memasuki Jalur Gaza dari Mesir. Ini merupakan pengiriman bantuan pertama ke Gaza sejak konflik bersenjata pecah antara Israel dan Hamas.

Gaza sedang mengalami krisis kemanusiaan yang parah, tidak adanya listrik, sedangkan air, makanan, bahan bakar, dan pasokan medis hampir habis.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])