3 Juta Orang Naik KRL Selama Libur Lebaran

Nusantaratv.com - 25 April 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dalam masa angkutan Lebaran tetap melayani para pengguna kereta api yang hendak berlibur Lebaran ke rumah sanak saudara, tempat wisata, maupun pusat belanja. KCI menuturkan, selama cuti lebaran KA commuter line Jabodetabek sudah mengangkut 3 juta penumpang hingga H+2 Lebaran.

"Jadi saat angkutan Lebaran sejak tanggal 19, kami sudah angkut lebih dari 3 juta orang, hingga kemarin. Khusus Lebaran, hari pertama dan kedua lebih dari 1 juta penumpang," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Selasa (25/4/2023).

Anne mengatakan, mobilitas penumpang dari Jakarta ke Bogor mengalami peningkatan. Di hari kerja biasanya, Stasiun Manggarai dapat menampung 200 ribu penumpang dan di hari libur lebaran ini rata-rata penumpang mencapai 190 orang.

"Untuk (Stasiun) Jakarta Kota sendiri melayani lebih dari 100 ribu orang per hari sejak Lebaran. Karena saat ini (stasiun) Jakarta Kota jadi salah satu stasiun tujuan. Masuk 10 besar volume tertinggi tujuan jasa commuter line di Jabodetabek," kata dia.

"Kami saat ini melihat adanya kenaikan 17-20 persen dari lebaran sebelumnya, karena Lebaran sebelumnya kan masih ada pembatasan kalau saat ini sudah tidak ada pembatasan dan perjalanan commuter pun hampir 1.100 perjalanan," imbuhnya.

Semasa libur Lebaran, Anne mengungkapkan paling banyak penumpang commuter line adalah anak-anak dan penumpang musiman sehingga pihaknya akan mengantisipasi dengan menambahkan petugas dan juga memberi edukasi tentang aturan KRL.

"Dapat kita sampaikan bahwa saat ini yang kita layani mayoritas pengguna-pengguna seperti pembawa anak kecil, musiman, sehingga kami mengantisipasi ini dengan menabahkan petugas, baik dari posko kantor pusat maupun petugas pengamanan. Karena kami butuh melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai aturan naik KRL," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close