25-27 April, 1,5 Juta Orang Mudik pakai Angkutan Umum

Nusantaratv.com - 28 April 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan total jumlah masyarakat yang mudik dengan angkutan umum selama H-7 sampai H-5 lebaran atau periode 25-27 April 2022, sebanyak 1.505.882 orang.

"Sekali lagi ini adalah akumulasi dari H-7 hingga H-5 dan statusnya adalah sampai dengan 27 April 2022," ujarnya dalam jumpa pers, Kamis (28/4/2022).

Angka ini mengacu pantauan pergerakan penumpang yang dilakukan di 111 terminal bus, 16 pelabuhan penyeberangan, 51 bandar udara, 110 pelabuhan laut, dan 13 daerah operasi (Daop) kereta api.

Jumlah penumpang angkutan udara selama H-7 hingga H-5 Lebaran menjadi yang tertinggi, yaitu sebanyak 505.428 orang. Sementara lima bandara dengan jumlah penumpang paling padat adalah Bandara Soekarno Hatta, Sultan Hasanuddin (Makassar), Juanda (Surabaya), Sepinggan (Balikpapan), dan Ngurah Rai (Bali).

Lalu, angkutan jalan (bus) sebanyak 330.169 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima terminal, yakni Terminal Kertonegoro Ngawi, Purboyo (Surabaya), Ir. Soekarno (Klaten), Giwangan (Yogyakarta), dan Tamanan (Kediri).

Untuk jumlah penumpang angkutan kereta api selama periode tersebut, sebanyak 244.603 penumpang. Adapun pergerakan penumpang terpadat di lima Daop, yakni Daop I Jakarta, Daop II Bandung, Daop III Cirebon, Daop IV Semarang, dan Daop IX Jember.

Kemudian, pada angkutan penyeberangan sebanyak 242.827 penumpang. Adapun lima pelabuhan penyeberangan dengan jumlah penumpang terpadat, yakni pelabuhan Gilimanuk, Bakauheni, Merak, Ketapang, dan Padang Bai.

Sementara angkutan laut sebanyak 182.855 penumpang, dengan jumlah penumpang terpadat di lima pelabuhan, yakni pelabuhan Gilimanuk, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Balikpapan.

"Data ini perlu sifatnya masih sementara. Ini kami lakukan secara cut off pada pagi hari tadi dan tentunya jika ada data-data yang masuk kepada kami secara menyusul akan dilakukan penyesuaian," pungkas Adita.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close