23 Orang Tewas saat Mudik Hari Ini, Ada 213 Kecelakaan

Nusantaratv.com - 07 April 2024

Kecelakaan pemudik. (Antara)
Kecelakaan pemudik. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polri mencatat sebanyak 213 kecelakaan lalu lintas terjadi ketika arus mudik Lebaran 2024 berlangsung hari ini. Sebanyak 23 orang meninggal dunia dan ratusan orang lainnya luka-luka.

"Data kecelakaan lalu lintas pada hari Minggu, 7 April 2024 sebanyak 213 Kejadian. Dengan rincian 23 orang meninggal dunia, 39 orang luka berat dan 267 orang luka ringan. Dengan kerugian materi sebesar Rp 539.350.000," ujar Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Minggu (7/4/2024).

Selain itu, kata Trunoyudo ada 946 kasus gangguan kamtibmas. Ada juga 5.978 pelanggaran lalu lintas, di mana 1.358 di antaranya ditilang menggunakan kamera e-TLE.

"Data penindakan pelanggar lalu lintas pada Minggu, 7 April sebanyak 5.978 kejadian Dengan rincian, sebanyak 4.620 berupa teguran dan sebanyak 1.358 tilang e-TLE," kata dia.

Kepolisian sudah mengantisipasi lonjakan pemudik di ruas jalan tol hingga arteri saat masa mudik lebaran yang diperkirakan terjadi hari ini hingga besok. Polri juga mewanti-wanti para pemudik untuk beristirahat dengan cukup demi keselamatan saat berkendara.

"Menindak lanjuti apa yang telah disampaikan oleh bapak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) agar pelaksanaan mudik lebaran 2024 dapat berjalan lancar, kepada masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan roda 4 yang melintasi jalan tol kami mengimbau untuk beristirahat maksimal 30 menit di rest area. Apabila rest area penuh dapat keluar menuju jalan arteri untuk beristirahat di beberapa titik," jelas dia.

Lebih lanjut, Kepolisian mengimbau masyarakat untuk tidak beristirahat di bahu jalan. Karena hal itu bisa mengganggu arus lalu lintas dan membahayakan para pengendara.

"Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak istirahat menggunakan bahu jalan karena akan membahayakan dirinya, maupun orang lain serta menghambat perjalanan bagi calon pemudik lainnya. Maka, disiplin dan taati segala peraturan dan ketertiban berlalu lintas karena keselamatan adalah yang paling utama sampai dengan tujuan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close