2 Oktober Diperingati Sebagai Hari Batik Nasional

Nusantaratv.com - 01/10/2022 20:31

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.(dok. jatengnews.id)
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.(dok. jatengnews.id)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com – Hari Minggu 2 Oktober 2022, masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Batik Nasional. 

Perayaan Hari Batik Nasional yang diadakan setiap tahun ini terjadi setelah batik diakui sebagai warisan budaya dunia tak benda dari Indonesia. 

Tiga belas tahun lalu, tepatnya pada 2 Oktober 2009 dalam sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda, batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi di UNESCO. Proses peresmian batik sebagai Warisan Budaya Bukan Benda itu berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, mengutip dari kompas.com.

Karena itu, untuk melestarikan batik sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia, Pemkot Kota Semarang menyelenggarakan acara Batik Specta di Kota Lama Semarang, acara tersebut dibuka pada hari Sabtu (1/10/2022).

Pembukaan acara ini dihadiri oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gusti Ayu Bintang Darma Wati.

Acara ini bakal berlangsung selama sembilan hari, mulai tanggal (1/10/2022) sampai 9/10/2022).

Dalam sambutannya di area Taman Srigunting Kota Lama, Hendi mengatakan ikut senang dengan adanya kampung batik di dekat sini yang jaraknya hanya sekitar 700 meter. Ia juga menambahkan sejarah batik di kota lama, dimulai tahun 1890.

“Perjalanan kampung batik ini pernah mencapai titik puncak pada saat perang dunia pertama,” imbuhnya.

Karena waktu itu impor sandang hampir dibatasi, banyak masyarakat dan kaum kolonial yang memakai batik sebagai busananya. “Pasca pertempuran lima hari di Semarang 1945, kampung batik terbakar habis,” ungkapnya.

Setelah lama tak terdengar, pada tahun 2017, kampung batik kembali dimunculkan.

Sumber: jatengnews.id

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in