16 PTNBH Diseminasikan 141 Penelitian Hasil Riset Kolaborasi Bersama

Nusantaratv.com - 12 Desember 2022

Rektor Unand Padang Yuliandri membuka seminar Hasil Laporan Akhir Riset Kolaborasi Indonesia (RKI) PTNBH Tahun 2022 di Padang, Senin (12/12/2022). (ANTARA/HO-Unand Padang)
Rektor Unand Padang Yuliandri membuka seminar Hasil Laporan Akhir Riset Kolaborasi Indonesia (RKI) PTNBH Tahun 2022 di Padang, Senin (12/12/2022). (ANTARA/HO-Unand Padang)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Sebanyak 16 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) mendiseminasikan 141 judul penelitian di Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat yang merupakan hasil riset kolaborasi bersama melibatkan 420 peneliti.

"141 hasil penelitian tersebut meliputi bidang agro maritim, pendidikan, informasi digital, energi, kesehatan teknologi pangan, pertahanan dan keamanan, sosial humaniora dan ekonomi," kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unand Padang Uyung Gatot S. Dinata di Padang, Senin.

Ia menyampaikan hal itu pada Seminar Hasil Laporan Akhir Riset Kolaborasi Indonesia (RKI) PTNBH Tahun 2022 diikuti para peneliti dari 16 PTNBH.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan riset tersebut menggunakan tiga skema yaitu skema A berupa gabungan dari tiga PTNBH, skema B gabungan antara PTNBH dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional, dan skema C kolaborasi dengan perguruan tinggi di luar negeri.

"Seminar hasil akhir ini melibatkan 34 reviewer," ujarnya.

Ia berharap, akan lahir hasil penelitian yang bermutu untuk kemudian dilakukan hilirisasi sampai komersialisasi riset.

Rektor Unand Padang Yuliandri menyampaikan riset kolaborasi yang dilakukan merupakan salah satu bentuk kepedulian dalam menghadapi dan mengantisipasi berbagai hal yang bisa dikontribusikan untuk bangsa dan negara.

"Ini juga upaya memperluas dan memperdalam jejaring riset," kata dia.

Apalagi, menurutnya, setiap perguruan tinggi mempunyai keunggulan masing-masing dan lewat kolaborasi kontribusi untuk bangsa bisa terwujud.

Ia menyampaikan setiap PTNBH juga akan bisa saling berbagi, memperkuat jejaring sehingga inovasi yang dihasilkan periset bisa saling melengkapi.

"Selain itu akan mendorong hadirnya riset yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri," ujarnya.

Ia menambahkan perguruan tinggi yang baik sejatinya hasil risetnya bisa dimanfaatkan secara luas di masyarakat bukan semata syarat administrasi.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])