145 Ribu Polisi Amankan Libur Lebaran dari 4-16 April

Nusantaratv.com - 20 Maret 2024

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto:ANTARA/Laily Rahmawaty)
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto:ANTARA/Laily Rahmawaty)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Polri telah mengumumkan rencana mereka untuk menggelar Operasi Ketupat 2024 guna memastikan keamanan selama masa mudik Lebaran di seluruh Indonesia. Operasi tersebut dijadwalkan berlangsung dari 4 hingga 16 April, dengan melibatkan total 145.161 personel gabungan dari TNI/Polri dan pihak terkait lainnya.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, dari 145.161 total personel tersebut 76.192 adalah dari Polri dan 68.969 berasal dari instansi terkait lainnya. 

"Operasi Ketupat 2024 bertujuan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas selama masa mudik Lebaran," ujarnya.

Trunoyudo menyatakan bahwa Polri memperkirakan sekitar 71,7 persen dari total populasi, atau sekitar 193,6 juta orang, berpotensi melakukan mudik Lebaran pada tahun 2024.

Selain mengatur lalu lintas, Polri juga akan melakukan pengamanan di berbagai lokasi vital seperti masjid, terminal, pelabuhan, bandara, stasiun kereta api, pasar atau pusat belanja, dan objek wisata. Jumlah personel yang terlibat akan terus disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Operasi Ketupat 2024 juga akan dibahas dalam rapat koordinasi lintas sektor yang dijadwalkan pada tanggal 25 Maret mendatang. Rapat tersebut akan dipimpin oleh Kapolri bersama dengan beberapa kementerian terkait untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close