10 Saksi Anies Mundur Jelang dan Saat Sidang MK, Ada Kades sampai Kiai

Nusantaratv.com - 01 April 2024

Kuasa hukum AMIN di sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). (YouTube)
Kuasa hukum AMIN di sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). (YouTube)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Tim kuasa hukum Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mengungkapkan ada 10 orang saksi yang mundur menjelang dan saat sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Beberapa di antaranya kiai dari pondok pesantren (ponpes). 

"(Ada saksi mundur) banyak, banyak banget," ujar kuasa hukum AMIN, Bambang Widjojanto (BW), di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).

"Lebih dari 10 (saksi mundur)," imbuhnya.

BW mengungkapkan, pihaknya telah melakukan penyortiran saksi. Ia pun tidak menjelaskan secara rinci apa alasan para saksi itu mundur.

"Yang terpilih itu lama-lama mundur. Karena itu, saya nggak mau bilang terjadi intimidasi, terrorizing, saya nggak mau bilang begitu," jelas dia.

Sementara, Ketua Tim Hukum AMIN, Ari Yusuf Amir, menjelaskan saksi mundur terjadi saat sidang sedang berlangsung. Dirinya menyebut ada lima orang saksi yang mundur saat sidang berlangsung.

"Ada lima yang baru mengundurkan diri ketika sidang berlangsung," ujar Ari.

"Dari Jawa Timur tiga orang terdiri dari kiai, pengasuh pondok pesantren, dan pimpinan pengasuh santri takut diintimidasi," sambungnya.

Lalu, kata dia, ada lima saksi lain yang mundur sebelum sidang dimulai. Dirinya mengatakan para saksi yang mundur itu terdiri dari kepala desa, petugas pemilu, dan PNS atau ASN dari Jawa Tengah (Jateng). 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close