1 Warga Thailand Tewas Akibat Overdosis Ganja

Nusantaratv.com - 15 Juni 2022

Ilustrasi pria Thailand sedang asyik menghisap ganja/ist
Ilustrasi pria Thailand sedang asyik menghisap ganja/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pemerintah Thailand tampaknya harus mengkaji ulang kebijakannya melegalkan ganja. Pasalnya, empat warga Thailand dilaporkan harus dilarikan ke rumah sakit di Bangkok akibat overdosis ganja. Satu dari mereka kemudian dilaporkan meninggal dunia.

Gubernur Bangkok, Chadchart Sittipunt, mengatakan salah satu dari mereka, laki-laki berusia 51 tahun, mengalami nyeri dada. Ia lalu meninggal karena gagal jantung di Rumah Sakit Charoen Krung Pracharak.

Korban lainnya merupakan seorang laki-laki berusia 17 tahun dan 25 tahun. Mereka mengalami palpitasi atau jantung berdetak lebih kencang usai mengonsumsi ganja. Keduanya dirawat di Rumah Sakit Taksin.

Seorang lagi adalah anak berusia 16 tahun. Ia kini terbaring di unit perawatan intensif di Rumah Sakit Luang Phor Taweesak Chutinataro Uthit karena masalah yang serupa, overdosis ganja.

Chadchart menyatakan Departemen Layanan Medis Administrasi Metropolitan Bangkok (BMA) akan mengawasi situasi, serta mendidik murid serta guru terkait ganja.

Badan itu juga akan merilis program agar sekolah dikeklarasikan sebagai area bebas ganja.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Anutin Charnvirakul, mengatakan bahwa overdosis ganja bukan hal baru.

Menurut dia, apa pun jika digunakan secara berlebihan akan membahayakan kesehatan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Departemen Pelayanan Kesehatan Thailand, Somsak Akksilp, sudah memperingatkan kelompok usia di bawah 25 tahun bahwa ganja tak boleh digunakan untuk keperluan rekreasi.

"Dampak ganja ke otak dan sistem saraf, terutama untuk siswa, yang bisa mempengaruhi kemampuan belajarnya," kata Somsak, mengutip CNNIndonesiacom.

Seperti diberitakan, Thailand melegalkan ganja untuk keperluan medis dan kosmetik pada 9 Juni lalu. Menurut pemerintah, legalisasi ganja dilakukan untuk meringankan kondisi kesehatan dan meningkatkan kesehatan di tingkat rumah tangga.

Sejalan dengan rencana tersebut, pemerintah kemudian membagi-bagikan tanaman ganja gratis ke penduduk.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])