DPR Minta Tak Ada 1 WNI yang Tersisa Saat Evakuasi dari Wuhan

Pemerintah juga diminta menjamin penghidupan WNI yang dievakuasi
Mochammad Rizki - Nasional,Sabtu, 01-02-2020 10:54 WIB
DPR Minta Tak Ada 1 WNI yang Tersisa Saat Evakuasi dari Wuhan
Warga di Provinsi Jiangxi setelah meninggalkan Provinsi Hubei, China. (Reuters)

Jakarta, Nusantaratv.com - DPR meminta evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan dan Provinsi Hubei, China, dilakukan menyeluruh. Evakuasi diharapkan dilaksanakan tanpa menyisakan satu WNI pun yang tertinggal. 

Baca juga: Pakai Pesawat Lion Air Group, Siang Ini Evakuasi WNI di Wuhan Dilakukan 

"Perwakilan RI di China harus mengumumkan proses evakuasi ini agar tidak ada satupun WNI yang tertinggal karena problem teknis pendataaan," ujar anggota Komisi I DPR Willy Aditya, melalui keterangan tertulis, Jumat (31/1/2020).

Ia berharap proses evakuasi menyikapi wabah virus corona itu berjalan lancar, dan tak menimbulkan kepanikan di daerah asal masing-masing.

"Harapannya, semua tahapan rencana evakuasi nanti, mulai dari pendataan, identifikasi titik-titik penjemputan, pemberangkatan, pemeriksaan, karantina, hingga dipulangkan ke domisili masing-masing, dapat berjalan lancar dan tidak menimbulkan kepanikan di lingkungan masing-masing," tutur Willy. 

Seluruh elemen pemerintah yang terlibat dalam proses evakuasi, harus saling berkoordinasi. 

"Anggaran kedaruratan bisa digunakan oleh tim evakuasi untuk menyokong aktivitasnya. DPR akan mendukung dan memastikan proses evakuasi berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan masalah ke depannya," jelasnya.

Pemerintah juga harus memastikan keadaan 243 WNI yang pasca evakuasi. Seperti menjamin penghidupan mereka. 

"WNI yang dievakuasi ini pada dasarnya adalah WNI yang juga memiliki aktivitas penghidupan rutin di sana. Ada yang mahasiswa, pengusaha, dan lainnya. Pemerintah harus memastikan bahwa mereka yang dievakuasi nantinya dapat kembali dan dijamin oleh negara," tandasnya. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0