Zulhas Minta Pengurus Awasi Penerapan New Normal di Masjid

Karena sesuai dengan konsep new normal, ia berharap seluruh masjid bisa dibuka kembali
Mochammad Rizki - Nasional,Jumat, 05-06-2020 16:00 WIB
Zulhas Minta Pengurus Awasi Penerapan  New Normal di Masjid
Salat berjemaah di masjid dengan penerapan physical distancing. (Koran Tempo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) berharap masjid mulai dibuka untuk menggelar ibadah salat berjemaah.

Baca juga: PSBB DKI: Masjid dan Mal Boleh Buka 

Namun, tetap memperhatikan protokol pencegahan penularan virus corona yang sejalan dengan konsep new normal yang digaungkan pemerintah pusat. 

Guna mendukung upaya tersebut, ia meminta pengurus masjid disiplin menjaga protokol kesehatan di lingkungan tempat ibadah tersebut. 

"Saya mengimbau agar masjid diperbolehkan untuk dibuka dan mulai melaksanakan salat berjemaah. Tentu dengan menerapkan prosedur covid-19 seperti physical distancing dan menggunakan masker," ujar Zulkifli di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (5/6/2020).

Zulkifli menuturkan, pembukaan salat jemaah di masjid bisa dimaknai sebagai berjalannya new normal atau tatanan kehidupan baru. 

Pengurus masjid pun harus berperan guna mengatur jalannya prosedur salat jemaah.

"Tentu new normal harus dimaknai juga penerapannya dalam melaksanakan salat berjemaah bagi umat Islam. Pengurus masjid bisa berperan untuk menjaga disiplin jemaah agar mengikuti semua prosedur new normal," kata dia. 

Lebih lanjut, Zulkifli menilai pelaksanaan new normal di rumah ibadah sejalan dengan sila pertama Pancasila. Sebagai bangsa yang religius, menurutnya penting untuk dilakukan penguatan spiritual terlebih dahulu. 

"Mendahulukan new normal untuk rumah ibadah ini sejalan dengan sila pertama Pancasila, Ketuhanan yang Maha Esa. Kita adalah bangsa yang religius dan karena itu yang harus didahulukan adalah penguatan jiwa dan spiritualnya," tandasnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0