Myanmar Memanas Setelah Polisi Tembak Pengunjuk Rasa Perempuan

Seorang dokter di rumah sakit umum di Naypyitaw, yang menyaksikan perawatan pasien, mengonfirmasi kepada Reuters bahwa wanita dalam video itu adalah orang yang...

Video dramatis yang diperoleh dan diverifikasi oleh Reuters menangkap momen ketika seorang pengunjuk rasa perempuan ditembak di kepala saat bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa di ibu kota Myanmar pada Selasa (9/2/2021). 

Polisi menembakkan senjata, sebagian besar ke udara, dan menggunakan meriam air untuk mencoba membersihkan pengunjuk rasa di ibu kota Naypyitaw. Wanita itu, mengenakan kemeja merah dan helm, jatuh pingsan setelah ditembak. 

Rekaman menunjukkan dia sebelumnya bersama pengunjuk rasa lainnya di dekat halte bus agak jauh dari barisan polisi anti huru hara ketika meriam air disemprotkan dan beberapa tembakan terdengar.  Seorang dokter di rumah sakit umum di Naypyitaw, yang menyaksikan perawatan pasien, mengonfirmasi kepada Reuters bahwa wanita dalam video itu adalah orang yang sama yang dirawat di rumah sakit karena luka kritis di kepala yang disebabkan oleh peluru tajam. Dia mengatakan luka di kepalanya kemungkinan akan berakibat fatal.

Tiga orang lainnya sedang dirawat karena luka-luka akibat peluru karet yang diderita selama bentrokan itu.

Televisi pemerintah melaporkan cedera pada polisi selama upaya mereka untuk membubarkan pengunjuk rasa pengakuan pertama atas demonstrasi yang terjadi di negara itu.

Insiden tersebut menandai pertumpahan darah pertama sejak militer yang dipimpin oleh panglima militer Jenderal senior Min Aung Hlaing menggulingkan pemerintahan Aung San Suu Kyi yang baru terpilih pada 1 Februari dan menahannya dan politisi lain dari Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) miliknya.

Rekaman dramatis dari insiden itu diverifikasi oleh Reuters.

Reuters memperoleh versi video definisi tinggi yang panjang dengan metadata yang menunjukkan stempel waktu 9 Februari 2021.

Sejumlah landmark dalam video tersebut juga memverifikasi bahwa video tersebut difilmkan di seberang City Heart Café di Naypyitaw, tempat protes diketahui telah terjadi.

Video dan foto yang diunggah ke media sosial menunjukkan seorang perempuan yang tidak sadarkan diri dengan luka di kepala, mengenakan pakaian yang sama, sedang dirawat di jalan.

Baik polisi maupun rumah sakit tidak menanggapi permintaan komentar.

Nusantara Siang hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Petang setiap hari Senin - Jumat jam 11.00 WIB hanya di Nusantara TV 
 

Login dengan
LIVE TV & NETWORK