Viar Vintech 200, Penantang Kawasaki W175 yang Dibanderol Rp 20 Jutaan

Viar Vintech 200 bisa menjadi penantang Kawasaki W175
Viar Vintech 200, Penantang Kawasaki W175 yang Dibanderol Rp 20   Jutaan
Viar Vintech 200 bisa dibeli dengan harga Rp22 juta. (deskgram.net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Viar Motor merilis motor berkonsep retro yakni Viar Vintech pada hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Ketika itu, motor tersebut sukses mencuri perhatian para pecinta roda dua.

Seperti dikutip oto.com, ternyata penantang Kawasaki W175 ini sudah mulai dijual sejak Januari 2019 dengan harga Rp22 jutaan. Banderol tersebut terbilang menggiurkan mengingat kapasitas mesinnya yang mencapai 200 cc.

Dari sisi desain, Viar Vintech 200 mengadopsi gaya retro yang mengarah pada cafe racer. Dengan begitu, pemilik motor tak perlu repot memodifikasi, karena sudah bisa mendapat gaya bak motor custom. 

Sedangkan untuk tangki agak panjang dan stang lebar, menghasilkan posisi berkendara yang condong ke depan bagi orang yang punya postur tubuh pas. Namun patut diketahui bahwa posisi kaki atau foot step seperti motor standar, bukan gaya cafe racer yang umumnya sedikit ke belakang. Inilah yang membuat posisi berkendara sedikit canggung.

Kemudian bagian lampu depan, lampu sein depan dan panel meter analog tiga kolom dibikin bundar.

Ban juga tebal, membungkus pelek jari-jari 17 inci, menguatkan niat menjadikan motor ini bergaya retro cafe racer. Sementara bagian ekor dan knalpot boleh dikatakan sama, mengadopsi desain yang sarat aura retro. Knalpot jadi salah satu bagian mencolok karena berkelir kromium.

Soal ukuran, Vintech 200 tidak terlalu besar. Dimensinya 2.900 x 762 x 1.080 mm (PxlxT), jarak sumbu roda 1,2 meter dan ground clearance 150 mm. Ukurannya tergolong ringkas dan ramping, menambah kemudahan dalam bermanuver meski stangnya lebar.

Fitur Viar Vintech 200 memang tak terlalu kaya. Panel meter analog diisi indikator bahan bakar, speedometer dan tachometer. Pada speedometer, ada indikator posisi gear dengan tampilan angka digital. Kick starter dan electric starter tersedia pada Vintech 200.

Performa utama, jantung mekanis satu silinder SOHC 198,8 cc yang menyemburkan torsi maksimal 15 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga 17,4 hp pada 8.500 rpm. Daya mesin disalurkan melalui transmisi 5- speed.

Torsinya tergolong besar di segmennya. Sebagai pembanding, Benelli Motobi 200 Evo punya torsi 13,9 Nm. Pendukung performa, suspensi depan teleskopik standar, rem depan cakram dan rem belakang yang masih teromol.

Kalau mau dibandingkan, kompetisinya berada di segmen yang dihuni Kawasaki W175 dan Benelli Motobi 200 Evo. Dan, Viar Vintech 200 bisa jadi alternatif menarik dari kedua motor itu. 

Menurut Franky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia, respons pasar sejak Vintech 200 dijual tergolong baik. Malah di beberapa diler mungkin kosong stoknya. 

"Sudah tersedia di diler dan bisa langsung dipesan. Memang produksinya tak terlalu banyak tapi sudah ada dan tak perlu inden. Memang tergantung diler, masih ada stok di gudangnya atau tidak," ujar Franky.