Vera, Truk Besutan Volvo yang Tampak Seperti Mobil Sport

Vera memulai tugasnya mengakut barang di Pelabuhan di Gothenburg
Vera, Truk Besutan Volvo yang Tampak Seperti Mobil Sport
Truk otonom terbaru Volvo, Vera. (autonesian.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Volvo menciptakan kendaraan listrik truk otonom terbaru bernama Vera. Truk yang terlihat seperti mobil sport itu bakal memulai tugas pertamanya, mengangkut barang di sekitar terminal pelabuhan di Gothenburg, Swedia.

Vera tampil dengan desain futuristik yang mengesankan dan  membawa self-driving Volvo ke tingkat yang sama sekali baru. Truk ini tanpa kabin pengemudi, sehingga bagian depannya terlihat seperti mobil sport rendah dari beberapa sudut.

Seperti dilansir dari Digital Trends, Volvo berencana untuk menyebarkan Vera dengan feri dan perusahaan logistik DFDS. Kendaraan otonom akan menavigasi rute yang telah ditentukan sebelumnya yakni jalan umum yang membawa kontainer pengiriman jarak yang relatif singkat antara pusat logistik DFDS dan terminal pelabuhan.

Tujuannya, untuk menciptakan sistem yang menawarkan aliran barang yang efisien dan berkelanjutan. Dan, setelah beroperasi penuh, sistem Volvo akan memanfaatkan beberapa kendaraan Vera otonom, dengan armada dipantau oleh manusia yang terletak di menara kontrol terdekat.

"Sekarang kami memiliki kesempatan untuk mengimplementasikan Vera dalam lingkungan yang ideal dan mengembangkan lebih lanjut potensinya untuk operasi serupa lainnya," ujar Wakil Presiden Solusi Otonom di Volvo Truck, Mikael Karlsson.

Bahkan, Karlsson memuji Vera bertenaga listrik karena tingkat kebisingannya yang rendah dan emisi gas buang nol.

Sementara itu, Bos DFDS Torben Carlsen mengatakan kemitraan dengan Volvo akan membantunya mengembangkan solusi jangka panjang yang efisien, fleksibel, dan berkelanjutan.

"Kami menerima kendaraan otonom yang memberi manfaat bagi pelanggan, lingkungan, dan bisnis kami," cetus Carlsen.