Manfaat Tumbuhan Putri Malu dan Efek Sampingnya

Tumbuhan Putri Malu (Mimosa pudica L.) adalah salah satu tumbuhan perdu yang dikategorikan ke dalam jenis tumbuhan gulma.

Tumbuhan Putri Malu

Nusantaratv.com - Tumbuhan Putri Malu (Mimosa pudica L.) adalah salah satu tumbuhan perdu yang dikategorikan ke dalam jenis tumbuhan gulma. Sifatnya cepat berkembang biak, tumbuh merambat di tanah, dan terkadang tegak. Batangnya bulat, berbulu, dan berduri.

Tumbuhan Putri malu, salah satu tumbuhan perdu pendek yang masuk dalam golongan polong-polongan. Daun putri malu dikenal sangat sensitif terhadap lingkungan. Ketika mendapat sentuhan sedikit saja ia akan menutup diri. Daun putri malu ini dikenal menjadi salah satu daun yang memiliki reaksi paling cepat dibanding jenis tumbuhan polong-polongan lainnya. Daun dengan nama lain mimosa asperata merupakan tanaman yang unik. Selain itu daun yang satu ini juga dikenal memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan daun-daun yang lain.

Baca Juga: Bagus untuk Jantung, Ini Manfaat Sawo Bagi Kesehatan Tubuh

Daunnya berukuran kecil-kecil tersusun majemuk, bentuknya lonjong dengan ujung lancip, dan berwarna hijau (ada yang berwarna kemerah-merahan). Apabila disentuh, daun akan menutup (sensitif). Bunganya bulat seperti bola, berwarna merah muda, dan bertangkai.

Dikutip dari buku berjudul “Tumbuhan Liar Berkhasiat Obat”, tumbuhan Putri Malu mengandung tanin 6,8%, flavonoid, steroid/triterpenoid dan sterol. Tanaman Putri Malu memiliki khasiat sebagai penenang (tranquilizer), sedatif, peluruh dahak (ekspektoran), antibatuk (antitusif), penurun panas (antipiretik), antiradang (anti-inflammatory), peluruh air seni (diuretik).

Dari kandungan yang dimilikinya, tanaman putri malu berpotensi untuk dijadikan sebagai obat herbaluntuk mengobati berbagai penyakit. 

Tumbuhan Putri Malu

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman putri malu adalah:

Insomnia: Daun Mimosa pudica sebanyak 30–60 g direbus, lalu airnya diminum. Atau, sebanyak 15 g daun Mimosa pudica, 15 g, Vemonia cinerea (sawi langit), dan 30 g Oxalis repens (calincing) direbus.

Bronkhitis:  Akar Minosa pudica sebanyak 60 g dan 600 cc air direbus dengan api kecil menjadi 200 cc. Air rebusannya dibagi untuk dua kali minum. Atau, akar Mimosa pudica 30 g dan akar Peristrophe roxburghiana 10 g direbus, lalu air rebusannya dibagi menjadi dua dosis/hari.

Batuk Berdahak: Akar Putri Malu sebanyak 10–15 g direbus, lalu airnya diminum.
Ascariasis (cacingan): Mimosa pudica sebanyak 15–30 g direbus, lalu airnya diminum. 

Baca Juga: Begini Membuat Minuman Berkhasiat, Campuran Jahe dan Bawang Putih

Namun dibalik khasiatnya yang ampuh, tidak kalah penting untuk diketahui kemudian, bahwa daun putri malu ini memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu Anda juga perlu tahu efek samping mengonsumsi tanamhttps://www.nusantaratv.com/jangan-biarkan-gigi-berlubang-di-tengah-pandemian ini.  Berikut beberapa efek samping yang dapat muncul dari daun putri malu.

Tumbuhan Putri Malu

1. Alergi

Efek samping pertama yang dapat muncul dari daun putri malu adalah alergi. Alergi ini kerap menyerang Anda yang tubuhnya tidak mau  menerima kandungan yang ada di dalam daun putri malu. Efek samping ini bisa mengganggu aktivitas Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebab tubuh akan merasa tidak nyaman. Hal ini tentunya dapat merugikan Anda yang dalam kesehariannya sering melakukan aktivitas yang aktif.

2. Mual dan Muntah

Efek samping selanjutnya yang dapat dikeluarkan dari daun putri malu adalah mual dan muntah. Mual dan muntah bisa menjadi salah satu pertanda tubuh mengalami reaksi yang tidak baik. Apapun itu jika tubuh tidak mau menerimanya, maka ia akan mengeluarkan dengan cara memuntahkannya.

Baca Juga: Jangan Biarkan Gigi Berlubang di Tengah Pandemi

3. Kepala Pusing atau sakit kepalhttps://www.nusantaratv.com/tips-memilih-perawatan-kulit-wajaha

Mual dan muntah disertai kepala pusing. Efek samping ini yang tidak kalah penting untuk dipahami. Sebab efek samping ini akan sangat mengganggu Anda. Efek samping kepala pusing umumnya terjadi ketika Anda mengkonsumsi daun putri malu dalam jumlah yang banyak. Untuk itu perlu memahami cara mengkonsumsi daun putri malu dengan benar agar menghasilkan hasil yang baik pula.

Tumbuhan Putri Malu

4. Memperparah Rematik

Meski sisi positif dari daun putri malu ini mampu menyembuhkan penyakit rematik, namun bisa juga berakibat sebaliknya. Memperparah penyakit rematik. Hal ini bisa terjadi ketika Anda megkonsumsinya secara berlebihan. Sehingga reaksi yang akan muncul juga sebaliknya. Efek samping ini sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Untuk itu perlu kehati-hatian agar efek samping ini tidak menyerang Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Perawatan Kulit Wajah

5. Mengganggu Melancarkan Aliran Darah

Selain memperparah rematik, efek samping selanjutnya yang dapat muncul dari mengkonsumsi daun putri malu adalah dapat mengganggu melancarkan aliran darah. Efek samping ini akan sangat berbahaya, jika sampai terjadi di dalam tubuh. Mengingat kelancaran darah menjadi bagian yang penting dalam menstabilkan kesehatan yang ada di dalam tubuh. Sebab ketika darah ini tidak mampu mengalir dengan baik itu artinya zat-zat yang dibutuhan tubuh tidak akan tersuplai dengan baik. Untuk itu penting mempelajari cara menjaga kesehatan peredaran darah agar darah bisa mengalir ke seluruh tubuh dengan baik.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK