Tiga Event Pariwisata Kalsel Termasuk Pasar Terapung Masuk Event Berkualitas Indonesia

Nusantaratv.com - 15/04/2022 22:20

Pasar Terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Kalsel/ist
Pasar Terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Kalsel/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Kabar gembira bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel). Karena tiga event pariwisata Kalsel masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tiga event tersebut yakni Festival Sa’ijaan di Kabupaten Kotabaru, Festival Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Festival Pasar Terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar.

"Alhamdulillah tahun ini ada tiga event pariwisata kita yang masuk dalam KEN 2022 program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Syarifuddin, Jumat (15/4/2022).

Masuknya tiga event pariwisata Banua dalam KEN 2022 menurutnya menunjukkan Kemenparekraf tertarik dengan potensi wisata Banua.

"Jadi ini menunjukkan ketertarikan kementerian dengan kegiatan kepariwisataan di Kalsel, bagaimana budaya dan alam kita sudah bisa tampil di tingkat nasional," katanya.

Syarifuddin menjelaskan, selain membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan potensi wisata Banua, melalui KEN ini Kemenparekraf juga akan memberikan bantuan terkait penyelenggaraan event pariwisata yang terpilih.

"Meskipun tidak semua, kementerian akan membackup terkait penyelenggaraan tiga event pariwisata kita yang sudah masuk dalam KEN 2022," ujarnya.

Festival Sa’ijaan dan Festival Loksado, akan diselenggarakan pada bulan Juni mendatang, sementara untuk Festival Pasar Terapung Lok Baintan masih dalam tahap koordinasi dengan instansi terkait.

"Festival Sa’ijaan itu rencananya antara tanggal 1 sampai 5 Juni, dan Festival Loksado dari tanggal 24 sampai 26 Juni. Sedangkan Festival Pasar Terapung Lok Baintan masih tahap koordinasi. Jadi sementara itu yang akan kita siapkan dalam waktu dekat ini," ujar Syarifuddin

Kharisma Event Nusantara atau KEN merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas.

KEN 2022 juga dianggap sebagai adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia.

KEN 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

Aadapun 10 besar festival terbaik dalam KEN 2022 yakni Aceh Culinary Festival, Jakarta Dessert Week, Indonesia Contemporary Art and Design, Keuken, Festival Payung Indonesia, Sumonar, Ngayogjazz, East Java Fashion Harmony, Bali Spirit Festival serta F8 Makassar. (dari berbagai sumber)

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in