Ternyata Menangis Memberikan 7 Manfaat Ini Buat Anda

Nusantaratv.com - 08/10/2022 15:40

Ilustrasi menangis / health.harvard
Ilustrasi menangis / health.harvard

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Menangis adalah fungsi manusia yang sehat, normal, yang memberi Anda kemampuan untuk mengurangi rasa sakit , menjaga kesehatan mata, dan menciptakan jaringan pendukung.

Menangis juga melakukan fungsi penting untuk meminta dukungan saat kita sangat membutuhkannya. Menangis adalah perilaku keterikatan, yang menciptakan belas kasih dan empati pada orang lain, sehingga ketika Anda mengalami rasa sakit emosional atau fisik, orang lain dapat mendukung Anda. Itu tidak pernah menjadi tanda kelemahan, tetapi sebenarnya fungsi penting yang indah dari hubungan manusia, menenangkan diri dan kesehatan.

Menangis adalah pengalaman universal manusia yang pada tingkat fisiologis, hanyalah proses melepaskan air matadari kelenjar di mata yang disebut kelenjar lakrimal. Menangis sering kali dapat distigmatisasi atau ditekan, tetapi menangis menawarkan banyak manfaat bagi pikiran dan tubuh

"Menangis sering disertai dengan perubahan yang terlihat pada ekspresi wajah, vokalisasi, dan pola pernapasan Anda. Sebenarnya Anda memiliki berbagai jenis air mata yang melakukan peran yang berbeda" kata Anna, Terapis Kecemasan Populer. Dia lebih lanjut menjelaskan bagaimana menangis dapat bermanfaat bagi Anda.

1. Menangis mendukung kesehatan saraf

Air mata manusia mengandung faktor pertumbuhan saraf, yang merupakan protein yang ditemukan di kelenjar lakrimal. Faktor pertumbuhan saraf, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup neuron dan perkembangan plastisitas saraf, diyakini berperan dalam meningkatkan suasana hati saat menangis.

2. Menangis memiliki efek menenangkan

Studi telah menemukan bahwa menangis mungkin memiliki efek langsung menenangkan diri pada individu. Menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dan ini memungkinkan Anda untuk mengatur dan merilekskan pikiran dan tubuh Anda.

3. Menciptakan belas kasih pada orang lain

Tindakan menangis itu sendiri lebih dari sekadar pengalaman individu. Menangis menciptakan perasaan belas kasih dan empati dari orang-orang di sekitar Anda. Menangis adalah perilaku keterikatan dan penelitian telah menemukan bahwa menangis mengumpulkan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda.

4. Menangis mengurangi rasa sakit

Penelitian telah menemukan bahwa air mata emosional melepaskan oksitosin dan endorfin! Ini adalah bahan kimia perasaan-baik Anda yang meredakan rasa sakit fisik dan emosional & meningkatkan rasa sejahtera.

5. Menangis membuat mata tetap bersih

Menangis adalah fungsi penting untuk menjaga mata tetap bersih, air mata mengandung cairan yang disebut lisozim, yang memiliki sifat antimikroba kuat yang membunuh bakteri.

6. Menangis meningkatkan penglihatan

Setiap kali Anda berkedip, air mata basal dilepaskan dan mereka memainkan peran penting dalam menjaga mata Anda tetap lembab dan mencegah selaput lendir mengering (tidak ada yang menyukai mata kering!). Menjaga mata Anda tetap bagus dan terlumasi memungkinkan Anda melihat dengan jelas, ketika mata Anda kering, penglihatan menjadi kabur.

7. Menangis menghilangkan stres

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa menangis keras bisa sangat melegakan. Itu karena ketika Anda menangis sebagai respons terhadap stres, air mata Anda mengandung sejumlah hormon stres dan bahan kimia lainnya, yang menurut para peneliti bisa menjadi sistem untuk mengurangi kadar bahan kimia ini dalam tubuh Anda, yang pada gilirannya memungkinkan Anda untuk mengurangi stres.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in