Sikat 6 Tips Efektif Cegah Ngantuk Abis Makan Siang

Nusantaratv.com - 18 Agustus 2022

Ilustrasi ngantuk / verywell health
Ilustrasi ngantuk / verywell health

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Bayangkan Anda baru saja makan siang dan memiliki laporan penting untuk dibagikan kepada atasan Anda, tetapi tingkat produktivitas turun drastis dan merasa sangat mengantuk. Bukankah kita semua membencinya?

Ya! Apa alasan di balik kelesuan pasca makan siang ini. Alasannya di pankreas kita memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah. Jadi, semakin berat makanannya, semakin tinggi produksi insulin, yang pada akhirnya akan meningkatkan kadar gula darah.

Dengan peningkatan insulin ini, tubuh menghasilkan hormon tidur yang diubah menjadi serotonin dan melatonin di otak kita, yang selanjutnya menyebabkan kantuk. Hal ini menyebabkan tubuh melambat. Jelas Anda tidak bisa melewatkan makan siang, tetapi Anda bisa mengendalikan kelesuan yang menyebabkan pekerjaan terganggu. 

Berikut adalah beberapa tips yang harus diikuti agar tetap aktif.

1. Jangan duduk santai di meja, jalan-jalan. Jangan duduk kembali untuk bekerja segera setelah makan; yang perlu dilakukan adalah berjalan cepat di tempat Anda atau menaiki tangga. Latihan jangka pendek ini akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan meningkatkan tingkat energi.

2. Permen karet. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behaviour, mengunyah permen karet dapat mengurangi kelelahan dan memastikan peningkatan kewaspadaan; tentu saja berlebihan dapat membalikkan efeknya. Mengunyah permen karet dapat membantu karena Anda terus-menerus dalam keadaan bertindak memberi dorongan suasana hati. Kunyah permen karet mint setidaknya selama lima menit untuk merasa berenergi kembali.

3. Minum air putih yang banyak. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, suasana hati yang buruk dan sulit berkonsentrasi. Pastikan minum cukup air sepanjang hari. Jadi hidrasi tubuh Anda dengan beberapa cairan yang akan membantu mempertahankan kemerosotan pasca makan siang.

4. Makan sehat. Biji-bijian olahan dalam makanan olahan dicerna dengan cepat yang menghasilkan lonjakan dan penurunan gula darah yang berkontribusi pada tingkat energi yang rendah. Pilih untuk makan lebih banyak makanan berenergi yang mencakup lebih banyak zat besi (sayuran hijau berdaun), protein tanpa lemak (daging tanpa lemak, ikan dan telur) dan karbohidrat kompleks (biji-bijian dan kacang-kacangan).

5. Ketahui porsi. Makan berlebihan dapat dengan mudah menyebabkan kelesuan dengan memperlambat pencernaan, yang selanjutnya memberi Anda perasaan tidak nyaman dan kembung. Sebaliknya, pilihlah untuk makan dalam porsi kecil di antara waktu makan untuk menghindari rasa mengantuk dan lesu serta lebih mengatur kadar gula darah.

6. Hindari gula dan lemak. Cobalah untuk tidak mengonsumsi lebih banyak gula dan lemak yang ada dalam makanan olahan untuk menghindari energi yang jatuh. Gula dapat memberikan dorongan energi awal tetapi akan hilang dengan cepat membuat Anda merasa sangat lelah. Jadi, bahkan jika menyukai makanan manis, pastikan makan satu atau dua buah setelah makan siang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])