Pake Batik Yuk!

Nusantaratv.com - 03/10/2022 22:48

Baju Batik
Baju Batik

Penulis: Armansyah

Nusantaratv.com - 2 Oktober kemarin kita peringati sebagai hari Batik Nasional. Batik menjadi kekayaan tak benda yang dimiliki Indonesia yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Kita wajib bangga atas pengakuan dunia akan Batik. Kini banyak orang menggunakan busana batik baik untuk acara santai maupun resmi. Bahkan di pesta pernikahan, memakai baju batik seperti sudah menjadi peraturan tak tertulis. Banyak orang menghadiri resepsi pernikahan dengan mengenakan baju batik.

Batik sudah menjadi busana wajib di acara resmi maupun seremoni. Selain itu, batik juga sudah bisa dipakai untuk pakaian sehari-hari. Banyak model batik yang bisa menjadi pilihan yang cocok untuk dipakai sehari-hari.

Dikutip dari blibli, berikut beberapa alasan sebaiknya kita pakai Batik.

1. Kalau diliat-liat, batik itu fun!

Batik punya berbagai motif yang seru banget. Kamu bisa pakai berbagai motif batik sesuai dengan acara yang didatangi. Pilihan warnanya juga beragam!

2. Pakai batik sama dengan mendorong roda ekonomi lokal

Di balik selembar batik, ada banyak usaha di baliknya. Mulai dari kain, alat, kancing, hingga menjahit. Ya, kamu bisa mendukung roda ekonomi lokal secara langsung. Apalagi kalau batik yang kamu pakai adalah batik tulis. Ada usaha dan ketekunan juga di baliknya.

3. Kamu jadi nunjukkin banget kalo kamu bangga Indonesia

Batik itu Indonesia banget! Udah gak perlu diragukan lagi.

4. Cuma batik yang asik dipakai jadi baju sehari-hari

Kain batik tidak hanya bisa dipakai untuk acara formal atau resmi. Buat yang cewek, kamu bisa pakai rok batik dipadukan dengan kaus polos. Cowok-cowok juga bisa tetap tampil keren dengan batik lengan pendek dipadukan dengan celana chino atau jeans.

5. Batik bisa dipakai buat nunjukkin kepribadianmu

Pilih sendiri corak dan warna yang paling “kamu” banget. Orang juga pasti langsung bisa nebak kepribadianmu apa.

6. Kamu bisa jadi duta budaya, buat yang sering ketemu sama orang asing nih!

Seiring sejalan sama titel Warisan Tak Benda UNESCO, kamu bisa dengan bangga kalo batik adalah identitas Indonesia. Jangan lupa bilang sama orang dari negeri lain ya kalau kamu ada kesempatan bertemu.

7. Batik bisa bikin penampilanmu berbeda, tapi tetep elegan

Walau motif dan warnanya beragam dan sering keliatan “nyala” banget, batik tetap bisa membuatmu elegan. Pastikan padu padannya tepat yaa.

Nah, setelah tahu alasan-alasannya, sekarang kamu harus tahu cara merawatnya. Sayang kan kalau batik yang bisa bikin gaya kamu makin keren tak terawat? Hal yang harus kamu perhatikan adalah cara mencucinya. Batik ternyata harus dicuci dengan lembut dan tidak dijemur di tempat yang terik. Selain itu, gunakan sabun cuci dengan formula khusus yang lembut sehingga tidak merusak batik.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in