Liburan di Kota Solo, Ini 5 Destinasi Museum yang Wajib Dikunjungi

Nusantaratv.com - 06/08/2022 14:40

Museum Radya Pustaka Surakarta. (Istimewa/Pemkot Surakarta)
Museum Radya Pustaka Surakarta. (Istimewa/Pemkot Surakarta)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Wisata museum mungkin bukan cara yang banyak dilakukan orang di Indonesia. Sebab, mayoritas mereka lebih senang berkunjung ke tempat-tempat seperti gunung, pantai, danau, air terjun atau mall ketimbang museum. 

Padahal, berwisata ke museum juga tidak kalah seru dan menarik dibandingkan dengan wisata alam. Selain bisa menambah pengetahuan dan wawasan, juga banyak hal yang bisa didapatkan saat berkunjung ke museum.

Di kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), terdapat beberapa museum yang bisa dikunjungi, museum-museum tersebut dapat digunakan oleh masyarakat luas sebagai sarana belajar tentang budaya dan sejarah kota Solo ataupun sebagai sarana rekreasi. 

Berikut adalah museum yang wajib dikunjungi ketika berada di Kota Solo, seperti dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Surakarta, Sabtu (6/8/2022):

1. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka yang didirikan Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV pada 18 Oktober 1890 ini merupakan museum tertua yang ada di Indonesia. Disini pengunjung bisa melihat berbagai koleksi benda-benda peninggalan sejarah seperti buku-buku kuno, pusaka adat, wayang kulit maupun arca yang berasal dari zaman kerajaan bercorak Hindu-Budha. 

Museum Radya Pustaka terletak di Jalan Slamet Riyadi, tidak jauh dari Taman Sriwedari, dan buka pada Selasa hingga Minggu. Waktu operasionalnya mulai dari pukul 08.30-13.00 WIB.

2. Museum Keris Solo

Museum yang menyimpan banyak sejarah ini sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin mengenal lebih dekat tentang keris dan sejarahnya di Indonesia, mulai dari corak, jenis, dan juga tempat persebarannya. 

Sebagai sarana belajar budaya dan sejarah, Museum Keris Solo memiliki tujuan untuk melestarikan peninggalan benda pusaka bersejarah serta mengenalkan jenis-jenis keris pada generasi muda, supaya, senjata tradisional khas jawa ini tidak hilang ditelan zaman. 

Museum Keris Solo sendiri berada di Jalan Bhayangkara Nomor 2, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta. Museum ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 9 Agustus 2017. Biaya masuk museum ini pun bisa dibilang terjangkau, yakni Rp6.000,00 per pengunjung. 

3. Museum Tumurun

Museum yang satu ini adalah destinasi wisata incaran para pecinta seni yang berkunjung ke kota Solo. Asal mula kata 'tumurun' mengandung arti 'turun-temurun', karena museum pribadi ini merupakan wujud penghormatan dari Iwan Kurniawan Lukminto kepada mendiang ayahnya yakni H.M. Lukminto, yang merupakan seorang kolektor karya seni. 

Lokasi Museum Tumurun juga sangat mudah dijangkau, berada tengah kota Surakarta, tepatnya di Jalan Kebangkitan Nasional 2/4, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. 

Museum ini resmi dibuka sekitar awal April 2018 dan masih berstatus museum private swasta kecuali di waktu-waktu tertentu. Para pengunjung yang ingin mengunjungi museum ini tidak akan dikenakan biaya masuk, akan tetapi, pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu melalui website resmi dari museum Tumurun yaitu www.tumurunmuseum.com, hal ini dikarenakan jumlah kuota kunjungannya yang terbatas.

4. Museum Batik Danar Hadi

House of Danar Hadi (HDH) merupakan sebuah kompleks wisata heritage terpadu tentang batik. HDH didirikan oleh perusahaan batik asal Solo, PT Batik Danar Hadi pada 2008 dan mengkhususkan batik beserta aspek-aspek budaya sebagai objek wisata utamanya.

Bergaya megah dan mewah khas bangsawan Jawa pada masa lampau, Anda bisa melihat lebih dari 10.000 koleksi batik di tempat ini. Selain sebagai museum, bangunan yang museum Danar Hadi yang terletak di tengah kota ini merupakan salah satu cagar budaya kota Solo. 

Para pengunjung bisa datang ke museum Batik Danar Hadi setiap hari nya, mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.30 WIB. Untuk harga tiket masuk, dibanderol dengan harga beragam, Rp8.000 untuk pelajar dan juga Rp35.000 untuk umum. 

5. Monumen Pers Nasional

Museum ini memiliki koleksi tentang teknologi komunikasi dan teknologi reportase, seperti misal nya, penerbangan, mesin ketik, pemancar, telepon, dan kentongan besar. Museum ini telah berusia 20 tahun lama nya sejak didirikan pada 1978. Museum Pers Nasional buka pada Senin-Jumat mulai pukul 09.00-15.00 WIB, dan untuk tiket masuknya gratis. Adapun untuk lokasinya adalah di Jalan Gajahmada Nomor 59, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Ilustrasi kopi-1660110337
“Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya”.-1660060594
Baking soda-1660058621