Lagi Bobok Sering Mimpi Buruk, Ini Lho Penyebabnya!

Nusantaratv.com - 09/07/2022 15:40

Ilustrasi tidur / healthline
Ilustrasi tidur / healthline

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com-Mimpi Anda dapat memberi tahu banyak hal tentang apa yang sebenarnya terjadi di kepala. Masalah yang terkubur jauh di alam bawah sadar kita dapat diwujudkan dalam mimpi dan pada saat tingkat stres terlalu tinggi atau seseorang mengalami trauma, orang dapat mengalami mimpi buruk berulang yang dapat mempengaruhi kualitas tidurnya.

Mimpi buruk adalah mimpi mengganggu yang terkait dengan perasaan negatif dan seseorang cenderung terbangun dengan banyak kecemasan dan ketakutan. Beberapa orang mengalami lebih banyak mimpi buruk daripada yang lain dan kehidupan mimpi mereka sering mengganggu kehidupan sehari-hari mereka. Mimpi buruk lebih sering terjadi pada anak kecil dan frekuensinya menurun setelah usia 10 tahun.

Kesehatan mental yang buruk adalah salah satu alasan utama di balik seringnya mimpi buruk. Dr Milan Balakrishnan, Konsultan Psikiater di Rumah Sakit Masina, Mumbai, mengatakan stres, kecemasan atau depresi adalah penyebab umum dari terlalu banyak mimpi buruk. Dia juga mencantumkan gangguan stres pasca-trauma (PTSD) sebagai salah satu alasan mimpi buruk berulang pada orang dewasa.

"Salah satu gejala PTSD yang paling umum adalah mengalami kembali, atau mengalami kilas balik ke peristiwa atau peristiwa traumatis. Terkadang kilas balik ini dapat bermanifestasi sebagai mimpi buruk. Gangguan tidur seperti sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur) dan narkolepsi dapat menyebabkan mimpi buruk berulang.  Obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan obat lain dapat menyebabkan mimpi buruk. Penarikan alkohol dan penarikan zat lain juga dapat menyebabkan mimpi buruk," kata Dr Balakrishnan.

Dalam beberapa kasus kurang tidur dan jadwal tidur yang tidak menentu juga bisa menyebabkan mimpi buruk. Pecandu alkohol atau mereka yang memiliki antidepresan atau obat-obatan tertentu juga bisa mengalami mimpi buruk.

Dr Shefali Vaidya, Psikolog, Apollo Spectra Mumbai merinci 6 alasan sering mimpi buruk.

• Stres: Karena kehidupan pribadi atau profesional dapat menjadi pemicu di balik mimpi buruk Anda. Faktor-faktor tertentu seperti perceraian, krisis keuangan, kematian orang yang dicintai, atau kehilangan pekerjaan adalah beberapa alasan di balik mimpi buruk itu. Stres adalah salah satu penyebab umum mimpi buruk dan perlu ditangani segera.

• Trauma: Mimpi buruk adalah kejadian umum setelah kecelakaan, cedera, kekerasan fisik atau seksual, atau peristiwa traumatis lainnya. Mimpi buruk sering terjadi pada orang yang cenderung mengalami gangguan stres pascatrauma (PTSD).

• Kurang tidur: Jadwal tidur yang tidak menentu akan mengurangi jumlah tidur yang Anda dapatkan dan dapat meningkatkan kemungkinan mengalami mimpi buruk. Insomnia terkait dengan risiko mimpi buruk yang lebih tinggi. Cobalah untuk mengikuti rutinitas tidur yang baik.

• Obat-obatan: Apakah Anda sadar? Obat-obatan tertentu seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan obat-obatan untuk mengatasi penyakit Parkinson atau membantu berhenti merokok dapat menyebabkan mimpi buruk.

• Penyalahgunaan zat: Alkohol dan penggunaan narkoba dapat memicu mimpi buruk. Dengan demikian, Anda tidak akan bisa mendapatkan tidur nyenyak di malam hari.

• Buku dan film seram: Jika Anda salah satu dari mereka yang membaca buku seram atau menonton film horor atau film horor, terutama sebelum tidur, maka Anda bisa mengalami mimpi buruk.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in