Hati-hati! Jika Ada Bercak Putih di Lidah atau Alis Menipis, Pernah Mengalaminya?

Nusantaratv.com - 04 November 2021

Lidah geografis (commons.wikimedia.org)
Lidah geografis (commons.wikimedia.org)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pernah merasakan hal aneh pada tubuh? Seperti tiba-tiba ada bercak putih pada lidah, atau alis terlihat menipis? 

Kalau hal ini terjadi, sebaiknya kita harus waspada. Dikutip dari herstory.co.id, berikut beberapa perubahan tubuh yang harus diwaspadai

1. Lidah geografis
Salah satu gejala perubahan tubuh yang kerap terjadi adalah adanya bercak putih kering dengan bentuk yang aneh di lidah. Awas, itu bisa menjadi tanda penyakit celiac, gangguan autoimun genetik serius.

Akibatnya, lidah kamu bisa tampak seperti tampilan peta atau istilahnya lidah geografis. Gejala lain dari penyakit celiac termasuk diare, kelelahan, muntah dan penurunan berat badan.

Baca Juga: Berkaca pada Melanie Subono, Ini Gejala Tumor Rahim yang Harus Diwaspadai Wanita

2. Alis menipis
Saat kita berada di depan kaca dan mendapati alis nampak menipis, kita harus waspda, hal itu bisa menjadi tanda gejala dari hipotiroidisme. 

Hypothyroidism adalah suatu kondisi kesehatan di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tertentu yang dibutuhkan tubuh. Gejala lain termasuk penurunan berat badan mendadak, denyut jantung yang cepat atau tidak teratur, berkeringat, gugup atau mudah tersinggung.

3. Mimpi buruk saat hamil
Bagi ibu-ibu yang sedang hamil sering mengalami mimpi buruk, hal ini juga harus diwaspadai, karena hal itu bisa akibat dari hormon dan pola tidur yang berubah karena wanita hamil cenderung tidur lebih lama dari biasanya.

4. Ngidam makanan manis
Nah kalau tiba-tiba kita berhasrat ingin sekali makan cokelat, donat atau kue? Jika iya, itu tandanya mungkin kita mengalami dehidrasi.

Nah, ketika tubuh mengalami dehidrasi, akan sulit bagi organ untuk melepaskan glycogens yang membantu menyediakan energi bagi tubuh. Sehingga kamu benar-benar mulai membutuhkan makanan dan seringnya makanan manis.

Gejala lain dari dehidrasi termasuk peningkatan rasa haus, kelelahan, mata kering atau penglihatan kabur, sakit kepala, kram otot, tidak berkeringat, urin gelap, demam, keriput dan kulit kering.

Baca Juga: Minuman Herbal Kunyit Campur Sereh, Segar dan Sehat

5. Sakit pada tendon Achilles
Tendon achilles terletak di bagian belakang pergelangan kaki. Nah, jika mengalami sakit pada tendon achilles atau tumit bisa menjadi gejala psoriasis. Psoriasis sendiri adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Terkadang, psoriasis juga disertai dengan gatal dan nyeri, dan lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Nah jika muncul gejala-gejala seperti diatas dan membuat tidak nyaman dalam berkegiatan jangan dibiarkan, segera periksakan ke dokter! Semoga informasi ini bermanfaat!

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close