Dari Perut Pria Ini, Dokter Sukses Keluarkan Tumor Seberat 10 Kg

Nusantaratv.com - 14/10/2021 16:23

Tumor seberat 10 kg berhasil dikeluarkan dari perut. (Caters News Agency)
Tumor seberat 10 kg berhasil dikeluarkan dari perut. (Caters News Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tumor seberat 10 kg berhasil dikeluarkan dokter bedah dari perut seorang pria bernama Arnab Mukherjee asal Kolkata, India.

Pria berusia 45 tahun itu mengeluhkan sakit perut parah selama kurang lebih tiga bulan, tapi dokter awalnya gagal mendeteksi tumor hingga ukurannya bisa mencapai empat kali lipat dari ukuran awalnya.

Usai berkonsultasi dengan dokter di Victoria Medical Center, ditemukan Mukherjee mengidap tumor ganas seberat 10 kg, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/10/2021).

Dia kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Lions di mana dr Makhan Lal Saha dan putrinya, Priyanka Saha, melakukan operasi penyelamatan jiwa dan mengangkat tumor saat operasi yang berlangsung selama empat jam pada 2 Oktober.

"Itu adalah kasus yang sangat kritis dan langka. Tumor tidak terdeteksi pada langkah pertama. Butuh beberapa tes untuk memahami apa itu. Nyawa pasien terancam karena ukuran tumornya sangat besar," terang dr Mahkan.

Sebuah tim yang terdiri dari dua ahli bedah membantu mengangkat tumor kanker, yang dikenal sebagai sarkoma retroperitoneal. Kini, Mukherjee dalam masa pengobatan untuk menyembuhkan jaringan kanker yang tersisa dan mencegah tumor agar tidak kambuh lagi. 

"Pasien stabil dan memiliki makanan cair setiap dua sampai tiga hari. Butuh waktu hampir empat jam untuk mengangkatnya. Itu adalah operasi yang menyelamatkan nyawa. Kami berhasil mengangkat tumor dan tidak ada organ lain yang rusak atau diangkat. Karena tumornya ganas, dia sekarang akan menjalani kemoterapi dan pengobatan terkait kanker lainnya," tukas dr Mahkan. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in