Daftar 7 Tempat Wisata Seru Untuk Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Nusantaratv.com - 01 Juni 2023

Museum Indonesia TMII, Jakarta Timur. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Museum Indonesia TMII, Jakarta Timur. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Akhir pekan menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata seru, terutama di masa libur panjang di akhir pekan kali ini.

Untuk mencobanya, berikut daftar tempat wisata seru di sekitar Jabodetabek yang bisa dikunjungi selama periode libur akhir pekan ini.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu destinasi wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya. Berlokasi di Jalan Raya Ceger, Kec. Cipayung, Jakarta Timur, pengunjung dapat mengakses tempat wisata ini dengan cukup mudah karena letaknya yang dekat dengan jalan raya.

Dengan harga tiket yang dibanderol sebesar Rp25 ribu per orang, pengunjung dapat menikmati spot-spot menarik yang ada di dalam TMII, seperti Museum Indonesia dan anjungan-anjungan dari beragam suku di Indonesia. TMII mulai buka pada pukul 08:00 pagi hingga 17:00 sore.

Selain itu, pengunjung dapat berkeliling di TMII selama 15 menit dengan bus listrik gratis yang telah disediakan oleh pengelola. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari tidak diperbolehkannya kendaraan bermotor memasuki area dalam TMII. Untuk itu, pengelola TMII hanya mengizinkan kendaraan listrik beroperasi di dalam tempat wisata.

2. Kebun Raya Bogor
Berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No.13, Kota Bogor, Jawa Barat, Kebun Raya Bogor menjadi destinasi wisata berikutnya yang layak untuk dicoba. Dengan harga tiket mulai dari Rp15.500 - Rp25.500, pengunjung dapat mencoba ragam aktivitas di dalamnya, seperti wisata edukasi menyusuri Kebun Raya Bogor, menyewa sepeda, tur virtual, hingga berpiknik di sekitar taman Kebun Raya Bogor.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi monumen serta museum bersejarah yang ada di dalamnya, yakni Museum Zoologi, Monumen Tugu Dua Abad, dan lainnya. Pengunjung juga dapat mencicipi hidangan lezat di restoran sekitar Kebun Raya Bogor sekaligus menikmati suasana dalamnya.

3. Taman Wisata Alam Mangrove (TWA Mangrove)
Tempat wisata satu ini merupakan kawasan restorasi ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pepohonan mangrove. Kawasan konservasi ini sangat dibutuhkan di Jakarta karena kurangnya lahan hijau terbuka, tingkat polusi udara yang cukup tinggi serta erosi dan abrasi di sekitar garis pantai Jakarta.

TWA Mangrove berlokasi di kelurahan Kamal Muara yang bersebelahan dengan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Lokasinya cukup mudah diakses melalui jalan tol atau dengan bus TransJakarta. Untuk harga tiket, TWA Mangrove mematok harga Rp30 ribu untuk dewasa dan Rp15 ribu untuk anak-anak dengan harga khusus untuk wisatawan mancanegara.

Selain berfoto dan melihat kawasan mangrove, pengunjung juga dapat menikmati wisata lainnya, seperti menyewa speed boat, perahu dayung, sepeda air, dan perahu kano. Pengunjung juga dapat menanam mangrove secara langsung di kawasan wisata ini seharga Rp150 ribu/pohon.

4. Pasar Lama Tangerang
Jika ingin berwisata kuliner, destinasi Pasar Lama Tangerang menjadi tempat wajib untuk dikunjungi selama libur akhir pekan. Pasar ini buka mulai pukul 16:00 sore hingga 20:00 malam.

Di sini, pengunjung akan disuguhkan beragam kios makanan yang menggugah selera. Mulai dari laksa, asinan, es, hingga kuliner peranakan Tionghoa lainnya berjajar rapi di kawasan ini. Selain itu, kuliner kekinian pun tersedia dan dapat dipilih sesuai keinginan.

Untuk mengaksesnya, Pasar Lama Tangerang berada dekat dengan Stasiun Tangerang dan hanya berjarak sekitar 650 meter dari sana. Pengunjung juga dapat berkendara dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil karena tersedia area parkir di dalam pasar.

5. Museum Nasional Indonesia
Selain memamerkan benda-benda bersejarah, Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah menjadi salah satu destinasi pilihan warga Jakarta dan sekitarnya. Bukan tanpa sebab, museum ini menyajikan pameran temporer dan pertunjukan proyeksi gambar yang menarik untuk dilihat.

Museum ini berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Untuk tiket masuknya, pengunjung dapat membeli tiket yang dijual secara daring maupun langsung di tempat seharga Rp7.500 hingga Rp25 ribu. Tiket pertunjukan dan pameran temporer dapat dibeli secara terpisah melalui akses daring.

6. Dunia Fantasi (Dufan)
Dufan merupakan salah satu taman hiburan tertua di Jakarta. Di sini, pengunjung dapat menikmati beragam wahana dan atraksi menarik yang disesuaikan dengan jenjang usia.

Tiket masuk Dufan dibanderol dengan harga mulai dari Rp225 ribu hingga Rp800 ribu dengan fasilitas tiket yang berbeda. Pengunjung dapat membeli tiket Dufan melalui situs resmi mereka atau situs penyedia layanan tiket resmi.

Beberapa wahana yang menarik dan layak untuk dicoba, antara lain kora-kora, halilintar, niagara-gara, ontang-anting, dan lainnya. Pengunjung juga dapat menikmati atraksi pertunjukan yang dihadirkan secara berkala oleh Dufan dengan tema yang berbeda setiap periodenya.

7. Jakarta Aquarium dan Safari (Jaqs)
Berlokasi di Jalan Letjen S. Parman No.106, RW.5, Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jakarta Aquarium & Safari memiliki banyak koleksi satwa air maupun nonair.

Destinasi wisata ini memiliki 12 zona berbeda dengan ragam koleksi satwa di dalamnya. Jaqs buka mulai pukul 10:00 - 21:00 WIB dengan harga tiket mulai dari Rp147 ribu hingga Rp220 ribu melalui situs resmi mereka. Ragam fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung adalah atraksi hewan, pertunjukan akuarium, dan lainnya yang bisa dinikmati sembari berfoto di dalamnya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close