Biar Tidak Kelihatan Tua, Begini Perawatan Gigi Setelah Umur 30 Tahun

Nusantaratv.com - 07/10/2022 18:10

Ilustrasi mulut pria / Your Health
Ilustrasi mulut pria / Your Health

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Seiring bertambahnya usia, gigi , gusi, dan rongga mulut lainnya membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra jika Anda ingin tetap sehat di tahun-tahun berikutnya.

Penting untuk menanamkan kebiasaan gigi yang sehat. Ini juga saatnya, ketika risiko Anda terkena penyakit kronis seperti diabetes, radang sendi, stroke, obesitas juga meningkat yang dapat berdampak pada kesehatan mulut.

Studi juga menunjukkan hubungan antara penyakit gusi dan penyakit kardiovaskular karena bakteri di mulut seseorang dapat menyebabkan infeksi dan peradangan yang berhubungan dengan penyakit jantung , penyumbatan arteri, dan bahkan stroke. Menurut CDC, hampir setengah (46%) dari semua orang dewasa berusia 30 tahun atau lebih menunjukkan tanda-tanda penyakit gusi sementara penyakit gusi parah mempengaruhi sekitar 9% orang dewasa.

Dr. Karishma Jaradi, Head Dental Surgeon - Dentzz Dental membagikan beberapa tips merawat gigi di usia 30-an.

Makan makanan yang sehat: Diet mempengaruhi setiap aspek kesehatan termasuk rongga mulut. Penting untuk menghindari konsumsi berlebihan makanan manis dan bertepung. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan asam juga dapat melemahkan enamel dan membuat gigi rentan terhadap serangan. Oleh karena itu, disarankan untuk menambahkan berbagai buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral penting yang membantu fungsi tubuh secara maksimal.

Berhenti mengkonsumsi tembakau: Berhenti merokok atau mengunyah tembakau karena dapat mempengaruhi tulang dan jaringan lunak yang menempel pada gigi Anda. Tembakau juga mengganggu fungsi normal sel jaringan gusi, alasan mengapa konsumen tembakau lebih rentan terhadap infeksi termasuk penyakit periodontal.

Pembersihan profesional: Karena menyikat gigi dan flossing tidak menggantikan pembersihan dan pemeriksaan lengkap oleh seorang profesional gigi, bahkan jika Anda menyikat dan menggunakan benang gigi dua kali sehari, dianjurkan untuk sering mengunjungi dokter gigi untuk pembersihan yang benar dan menyeluruh. Seorang dokter gigi tidak hanya dapat menghilangkan karang gigi dan plak yang tidak dapat dihilangkan dengan sikat gigi, tetapi juga dapat mendeteksi tanda-tanda awal penyakit yang berhubungan dengan gigi.

Gunakan produk kebersihan mulut dengan fluoride : Karena beberapa faktor, lapisan luar email terdegradasi dan demineralisasi seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, pastikan pasta gigi dan obat kumur Anda mengandung fluoride sebagai bahan yang dapat membantu memperkuat dan melindungi lapisan email gigi serta dapat membalikkan tanda-tanda pembusukan dini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
air-1675232959
Ilustrasi - anak yang mengalami trauma (ANTARA/Pexels)-1675221317