6 Manfaat Kesehatan Mental dan Fisik Dari Berendam di Bak Mandi Air Panas

Nusantaratv.com - 27/09/2022 17:20

Ilustrasi wanita mandi air panas / Unsplash
Ilustrasi wanita mandi air panas / Unsplash

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Mengalami hari yang panjang dan melelahkan, berendam di bak mandi air panas mungkin yang Anda butuhkan untuk melepas lelah. Selain membantu Anda rileks, ternyata menghabiskan waktu di bak mandi air panas juga bisa memberikan manfaat lain.

Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui untuk mendapatkan hasil maksimal dari berendam dalam air hangat. Mari kita telusuri beberapa manfaat kesehatan berendam dalam air hangat hingga panas. Dari pereda nyeri hingga pembakaran kalori, berendam dalam air hangat hingga air panas bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Penghilang stres

Salah satu manfaat paling santai dari berendam di bak mandi air panas adalah membantu menghilangkan stres. Air hangat memiliki efek luar biasa pada tubuh dan tindakan pemijatan dari bak mandi air panas akan membantu meredakan semua stres emosional, fisik, dan mental. Anda bahkan dapat meningkatkan sensasi dengan menggunakan lilin beraroma dan musik.

Relaksasi Otot

Bak mandi air panas memiliki pancaran bak mandi yang memiliki tindakan memijat pada tubuh. Ini tidak hanya akan membantu bersantai secara mental tetapi juga membantu mengendurkan otot-otot. Dapat menyembuhkan sakit dan nyeri tubuh. Berendam di bak mandi air panas tepat sebelum berolahraga juga dapat mengurangi risiko cedera.

Peningkatan Tidur

Menurut penelitian, relaksasi sederhana yang diperoleh dari berendam di bak mandi air panas mungkin cukup untuk membantu Anda tertidur lebih nyenyak. Studi di  2012 melihat ada efek hidroterapi pada fungsi fisik dan kualitas tidur untuk penderita fibromyalgia. Para peneliti menyimpulkan bahwa hidroterapi membantu meningkatkan kualitas tidur bersama dengan gejala fibromyalgia lainnya .

Pereda sakit

Selain menyembuhkan nyeri otot dan nyeri di tubuh, berendam di bak mandi air panas juga dapat membantu penyakit seperti radang sendi. Tindakan memijat dari air dan panas membantu meringankan peradangan dan kekakuan yang menyebabkan rasa sakit. Air juga membuat tubuh terasa lebih ringan dan menghilangkan tekanan dari persendian. Ini dapat meningkatkan rentang gerak dan fleksibilitas juga. Efek serupa bisa dirasakan jika Anda mandi air hangat sederhana di bath tub.

Kesehatan Kardiovaskular yang Lebih Baik

Bersantai di bak mandi air panas dapat meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah Anda. Menurut sebuah studi 2016, perendaman air panas mungkin memiliki efek "kuat" pada fungsi pembuluh darah dan tekanan darah.

Penulis penelitian menyarankan bahwa terapi panas pasif dapat membantu mengurangi risiko kardiovaskular dan kematian, terutama di antara mereka yang memiliki kemampuan terbatas untuk berolahraga. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa berendam dalam bak mandi air panas selama 10 menit dapat menurunkan tekanan darah dan kemungkinan aman bagi kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi yang dirawat.

Pembakaran Kalori

Dalam sebuah studi di tahun 2016, peserta berendam dalam bak mandi air panas setinggi pinggang selama satu jam dan membakar jumlah kalori yang sama dengan berjalan kaki selama 30 menit. Itu tidak berarti bahwa itu harus menggantikan olahraga, tetapi mungkin membantu metabolisme, terutama bagi mereka yang merasa sulit untuk berolahraga.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
air-1675232959
Ilustrasi - anak yang mengalami trauma (ANTARA/Pexels)-1675221317