5 Tips Menghindari Gigitan Nyamuk Bandel di Musim Ini

Nusantaratv.com - 22 Agustus 2022

Ilustrasi nyamuk / NPR
Ilustrasi nyamuk / NPR

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Nyamuk apalagi gigitannya memang bikin resah. Meskipun sebagian besar gigitan nyamuk tidak berbahaya, beberapa dapat menyebabkan komplikasi serius. Serangga nyamuk dapat menularkan berbagai penyakit dan menyebabkan gatal. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa lebih dari satu juta orang meninggal setiap tahun karena gigitan nyamuk, dengan malaria menjadi salah satu penyebab utama.

Meskipun kemungkinan tertular penyakit dari nyamuk sebagian besar tergantung di mana Anda tinggal, nyamuk dapat membawa beberapa penyakit. Nyamuk betina cenderung menargetkan jenis orang tertentu daripada yang lain dalam hal makan. Akibatnya, nyamuk dapat membawa dan menyebarkan beberapa infeksi berbahaya, termasuk:

Malaria: Tanda-tanda infeksi termasuk sakit kepala, muntah dan demam. Malaria dapat berpotensi mengancam jiwa jika tidak segera diobati.

Virus Zika: Gejalanya ringan dan mungkin termasuk demam, nyeri otot sendi atau ruam. Namun, tidak ada vaksin yang tersedia yang dapat mencegah virus tersebut.

Chikungunya: Dapat menyebabkan demam tinggi, nyeri sendi dan otot, dan sakit kepala.

Dr Shovana Veshnavi, Konsultan, Departemen Penyakit Dalam, Rumah Sakit Jaypee (Noida), berbagi 5 tips menghindari gigitan nyamuk yang menyakitkan.

Menghilangkan genangan air: Air tergenang menyediakan lingkungan perkembangbiakan yang sempurna bagi nyamuk . Membuat lingkungan Anda kurang mengundang nyamuk akan membantu terhindar dari gigitan nyamuk. Ini mudah dilakukan dengan membuang air dari gelas, mug, cangkir, ember atau bejana kosong.

Hindari waktu-waktu tertentu dalam sehari: Waktu-waktu ini lebih dingin dan tidak terlalu berangin, sehingga lebih kondusif bagi nyamuk. Oleh karena itu, merupakan konsep yang sangat baik untuk merencanakan kegiatan apa pun yang mungkin Anda lakukan selama hari-hari ketika nyamuk kurang aktif jika ingin mencegah digigit.

Kenakan warna terang: Mengenakan pakaian berwarna terang adalah cara terbaik untuk menghindari gigitan nyamuk. Pakaian berwarna netral dan pastel dapat membantu mencegah gigitan nyamuk.

Kenakan pakaian yang sesuai: Nyamuk akan menggigit area kulit yang terbuka. Karena itu, ada baiknya Anda mengenakan pakaian lengan panjang untuk menangkal gigitan nyamuk.

Jaga sirkulasi udara: Nyamuk bukanlah penerbang yang kuat; oleh karena itu, sirkulasi udara dapat secara efektif mengusir nyamuk , mencegah mereka terbang di dekatnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])