5 Negara yang Penduduknya Paling Bahagia di Dunia Tahun 2022

Nusantaratv.com - 19/03/2022 13:10

negara Finlandia / visitfinland.com
negara Finlandia / visitfinland.com

Penulis: Harry Prasetyo | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com,  - Uang, sinar matahari, dan cuaca hangat tidak sama dengan kebahagiaan, dan buktinya bisa dilihat dari daftar World Happiness Report yang baru dirilis. Bagi sebagian orang, kebahagiaan mungkin memunculkan gambaran tentang pantai yang panas dan bermandikan sinar matahari, tetapi ternyata orang paling bahagia di dunia sebenarnya hidup dalam suhu yang sangat dingin, berenang di air yang dingin, dan membayar pajak yang tinggi.

Negara-negara Nordik  menempati posisi teratas dalam laporan yang disponsori PBB ini.  Sementara pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung telah memengaruhi cara beberapa orang berpikir tentang kepuasan hidup, laporan baru menyatakan bahwa rata-rata "evaluasi kehidupan" tetap cukup tangguh dalam dua tahun terakhir. 

Jadi, negara mana yang penduduknya paling bahagia? Berikut daftarnya 

1. Finlandia

Untuk tahun kelima berturut-turut, Finlandia menyandang predikat negara paling bahagia di dunia. Sementara negara Nordik  mengalami kemerosotan ekonomi akibat COVID-19, 5,5 juta penduduknya terus merasa optimis tentang pemerintah dan gaya hidup mereka. Dengan skor total 7,821 dari 10, berkat faktor-faktor seperti PDB per kapita yang tinggi, dukungan sosial, harapan hidup yang tinggi, dan kemurahan hati, Finlandia terus memimpin dengan memberi contoh.

Dan dengan sumber daya alam yang meliputi pantai, danau, pulau, dan hutan, tidak heran jika negara Nordik ini membuat penduduknya senang dan menarik jutaan pengunjung yang bersemangat untuk merasakan kebahagiaan Finlandia.

2. Denmark

Untuk waktu yang lama, Denmark mendominasi posisi teratas sebagai negara paling bahagia di dunia. Dan meskipun turun ke nomor dua, masih ada banyak alasan yang berkontribusi pada peringkat tinggi negara secara konsisten yaitu, pemerintahan yang stabil, pendidikan dan perawatan kesehatan gratis, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Selain itu, karena ukurannya yang relatif kecil, penghuninya tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mengakses keajaiban alamnya. Dari pantai berpasir putih  hingga pulau berangin dan danau biru tua, ada banyak tempat untuk bersantai dan menikmati momen saat ini.

3. Islandia

Islandia merebut medali perunggu tahun ini dengan total skor 7,557. Negara kepulauan, yang kira-kira seukuran Kentucky, adalah rumah bagi lebih dari 366.000 penduduk, yang sebagian besar tinggal di ibu kota Reykjavik.

Tingkat kejahatan yang rendah, standar hidup yang tinggi, akses ke pendidikan berkualitas tinggi gratis (tingkat melek huruf mencapai 99% di antara populasi), dan tingkat pengangguran yang rendah yang sekarang kembali ke tingkat sebelum pandemi semuanya berkontribusi pada optimisme Islandia.

Keindahan alam negara yang menakjubkan yang juga sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Gunung berapi, gletser yang tertutup es, ladang hijau berlumut, air terjun yang megah, mata air panas yang indah, dan fjord yang megah adalah bagian dari kehidupan sehari-hari di Islandia.

4. Swiss

Swiss secara konsisten menempati peringkat di antara negara-negara paling bahagia di dunia. PDB per kapita yang tinggi, dukungan sosial, dan tingkat korupsi yang rendah menanamkan rasa percaya pada warganya.

Tetapi Swiss juga jauh dari sekadar negara bank, jam tangan kelas atas, dan cokelat. Dengan Pegunungan Alpen yang menakjubkan menutupi sekitar 60% dari negara dan akses ke lebih dari 1.500 danau, Swiss tidak pernah terlalu jauh dari pegunungan atau liburan indah di tepi air.

5. Belanda

Dengan total skor 7,415, negara Eropa utara ini kembali menduduki peringkat kelima World Happiness Report. Penduduknya memiliki keseimbangan kehidupan kerja terbaik di dunia dan mendapat manfaat dari pendidikan berkualitas tinggi, tingkat kejahatan yang rendah, dan pendapatan yang dapat dibelanjakan yang tinggi.

Dan dengan sejarah yang kaya dan mempesona, seni yang semarak, dan alam yang indah, tidak mengherankan jika kepuasan hidup di kalangan orang Belanda cukup tinggi.
 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in