Misteri Yeti Di Himalaya

Misteri Yeti Di Himalaya
Ilustrasi Penampakan Yeti./fineartamerica.com

Jakarta, Nusantaratv.com - Misteri Yeti sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Banyak orang berusaha membuktikannya dengan melakukan ekspedisi dan beberapa orang mengklaim telah melihatnya.

Yeti dikenal sebagai manusia salju yang diselimuti oleh bulu tebal seperti beruang. Berbeda dengan beruang, Yeti memiliki dua kaki, bisa berjalan tegap, mempunyai wajah mirip dengan manusia.

Konon makhluk ini meninggalkan jejak di salju dan tinggal di pegunungan Himalaya. Meskipun ada puluhan ekspedisi di pegunungan terpencil Rusia, Cina, dan Nepal, keberadaan Yeti masih cukup sulit ditemui.

Dikutip dari Livescience, Yeti dipercaya memiliki tubuh berotot dengan rambut abu-abu gelap atau coklat kemerahan. Beratnya diperkirakan dapat mencapai 91-171 kilogram.

Penampakan Yeti di Pyrenees. (Twitter.com/ @comforocoches)

Tingginya relatif pendek dibandingkan dengan Bigfoot Amerika Utara yang memiliki tinggi rata-rata 1,8 meter.

Alexander Agung menuntut untuk melihat Yeti ketika ia menaklukkan Lembah Indus di 326 SM. Namun menurut National Geographic, penduduk setempat mengatakan kepadanya bahwa mereka tidak dapat mengabulkannya. Hal itu dikarenakan Yeti tidak dapat bertahan hidup di dataran rendah.

Pada bulan Maret 1986, Anthony Wooldridge, seorang pendaki di Himalaya, melihat sesosok makhluk yang mirip dengan Yeti berdiri di salju dengan jarak 152 meter dari tempatnya berdiri.

Dia mengambil dua foto makhluk itu, yang kemudian dianalisis dan terbukti asli.

Banyak yang menganggap Wooldrige tidak mungkin melakukan kesalahan karena pengalamannya cukup lama sebagai pendaki Himalaya.

Penampakan terbaru ada di tahun 2016 lalu. Seorang penggemar ski salju berhasil menangkap sebuah foto yang diklaim mirip dengan Yeti. Hewan aneh itu terlihat di Pyrenees, Spanyol.

Beberapa orang menduga itu beruang, sementara banyak orang juga menganggap itu adalah Yeti.

Menurut sebuah laporan, seorang pengunjung yang menangkap foto Yeti itu sudah memberi tahu resor ski namun mereka tidak menganggapnya serius.

“Saya yakin ada sesuatu di luar sana. Saya tahu apa yang saya lihat,” kata pengunjung yang tak mau disebutkan namanya itu.

Sampai sekarang misteri Yeti masih akan diteliti olah para ilmuwan maupun para pendaki profesional.(hitekno.com)