Laporan Penyelidikan Awal Sriwijaya Air SJ 182 Akan Diumumkan

Namun penyelam belum menemukan perekam suara kokpit yang akan membantu penyelidik lebih memahami faktor manusia yang terkait dengan kecelakaan itu.  

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)  berencana mengumumkan laporan awal terkait investigasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182  ke publik pada awal Februari 2021. Sebelumnya KNKT telah berhasil mengunduh rekaman flight data recorder (FDR)  pesawat yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu tersebut. 

Penyelidik KNKT  diperkirakan akan merilis laporan awal tentang kecelakaan mematikan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 bulan lalu pada Rabu (10/2/2021).  

Penyelidik yang menangani kecelakaan udara tersebut sedang menyelidiki apakah masalah dengan sistem autothrottle yang mengontrol tenaga mesin secara otomatis berkontribusi pada kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182. 

Laporan tersebut akan diunggah ke situs web KNKT. 

Jet Boeing 737-500 berusia 26 tahun itu jatuh ke Laut Jawa tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu 9 Januari dan menewaskan 62 orang di dalamnya. 

Penyelidik dengan cepat menemukan dan membaca perekam data penerbangan pesawat dan mengirim bagian-bagian pesawat termasuk sistem autothrottle yang mengontrol tenaga mesin secara otomatis ke Amerika Serikat dan Inggris untuk diperiksa. Meski demikian penyelam belum menemukan perekam suara kokpit yang akan membantu penyelidik lebih memahami faktor manusia yang terkait dengan kecelakaan itu.  

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV

Login dengan
LIVE TV & NETWORK