Koruptor Tidak Bisa Dijatuhi Hukuman Mati

Indonesia sendiri, kata Taufik, memang memberi ruang penerapan hukuman mati, salah satunya berkaitan dengan kasus narkoba. 

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Menanggapi wacana hukuman mati kepada dua eks menteri yakni Edhy Prabowo (mantan Menteri Kelautan dan Perikanan) dan Juliari Batubara (mantan Menteri Sosial) yang ramai belakangan ini.  

Ketua Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik menegaskan dalam kacamata peraturan internasional tindak pidana korupsi tak masuk kategori pelanggaran yang pelakunya bisa dijatuhi hukuman mati.

"Hukuman mati hanya diizinkan pada tindak pidana the most serious crime (pelanggaran HAM berat). Itu ada genosida, kejahatan kemanusiaan, kemudian agresi, dan kejahatan perang. Korupsi, narkoba, dan lain-lain tidak termasuk," ujar Taufan, Minggu (21/2/2021). 

Indonesia sendiri, kata Taufan, memang memberi ruang penerapan hukuman mati, salah satunya berkaitan dengan kasus narkoba. 

Mengacu pada hasil judicial review pada 2007, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa hukuman mati tidak bertentangan dengan konstitusi UUD 1945. 

"Ini belum selaras dengan hukum di tingkat global meskipun masih diberikan peluang negara yang menerapkan hukuman mati boleh diterapkan. Untuk the most serious crime ini jadi persoalan yang penting didiskusikan," ucap Taufan.

Menariknya, Taufan mempertanyakan efektivitas pemberantasan korupsi setelah hukuman mati berhasil diterapkan. 

Baca juga: MUI Dukung Hukuman Mati Bagi Koruptor Bansos Corona

Sementara terkait wacana penerapan hukuman mati terhadap Edhy Prabowo dan Juliari Batubara. Manurut Taufan diskursus penerapan hukuman tersebut harus mengedepankan rasionalitas.  

Diketahui, beberapa hari lalu Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej menilai, Juliari dan Edhy layak dituntut hukuman mati. Pasalnya, kedua mantan menteri tersebut melakukan praktik korupsi di tengah pandemi covid-19.  

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK