Dok Mau Nanya, Tanpa Hubungan Intim Dapatkah Tertular Virus HIV?

Human Immunodeficiency Virus atau biasa disingkat HIV adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). VirusHIV menyerang dan menghancurkan sel CD4 yang seharusnya melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh jadi kesulitan melawan infeksi dan kanker terkait HIV tertentu.
Dok Mau Nanya, Tanpa Hubungan Intim Dapatkah Tertular Virus HIV?
Tidak melakukan hubungan intim mungkinkah dapat terserang virus HIV?/hellosehat.com

Jakarta, Nusantaratv.com - Human Immunodeficiency Virus atau biasa disingkat HIV adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). VirusHIV menyerang dan menghancurkan sel CD4 yang seharusnya melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh jadi kesulitan melawan infeksi dan kanker terkait HIV tertentu.

Tanya Dokter

Kemungkinan tertular HIV tanpa adanya hubungan intim

Selamat sore dok, saya mau bertanya. sekitar 10 hari yang lalu, saya ke tempat spa dan mendapatkan handjob. (tidak ML, ciuman). Badan saya dilulur dan dipijit, tapi ada beberapa bintik merah di badan saya. Apakah mungkin terapis bisa menularkan HIV lewat bintik merah tersebut? Di sekitar penis saya tidak ada luka. Tapi sudah hampir 1 minggu ini saya mengalami pilek, dan batuk kering, dan tepat kemarin saya terkena sariawan. Apakah mungkin ini gejala awal HIV? Dan apakah sebaiknya saya langsung melakukan tes HIV? Apakah hasilnya jika saya melakukan test 70% valid?

Dokter Menjawab:

dr. Amadeo D. Basfiansa

Selamat sore, terima kasih telah bertanya kepada kami. Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk menjawab pertanyaan Anda, perlu dipahami bagaimana cara penularan virus HIV.

Virus HIV dapat menular melalui beberapa media, yakni darah, cairan sperma, cairan vagina dan ASI. Virus HIV tidak dapat menular melalui sentuhan, ciuman, air liur, air mata, keringat, hela napas, bersin dan batuk. Selain itu, virus HIV juga tidak memiliki umur yang panjang ketika berada diluar tubuh manusia. Sehingga, aktivitas yang dapat menularkan HIV adalah segala aktivitas yang melibatkan perpindahan cairan tersebut dari tubuh penderita ke tubuh non-penderita. Diantaranya adalah:

  •     Hubungan seksual
  •     Transufsi darah
  •     Transplantasi organ
  •     Berbagi jarum suntik
  •     Dari ibu ke anaknya ketika menyusui

Maka dari itu pada kasus Anda, dengan adanya Anda terhitung hanya bersentuhan, dan tidak ada perpindahan cairan tubuh, kemungkinan besar Anda tidak tertular HIV. Kalaupun ada yang terkena cairan tubuh, itu adalah tukang pijat tersebut yang terkena cairan sperma Anda, bukan Anda yang terkena cairan vaginanya. Maka dari itu, kecenderungan untuk Anda terkena HIV sangat kecil dan malah tidak ada.

Adapun tentang gejala-gejala yang Anda rasakan, ini kondisi yang wajar ditemui pada mereka yang merasa dirinya terkena HIV. Kecemasannya membuat daya tahan tubuhnya menurun, membuat mereka lebih mudah terserang virus, dan meskipun sebenarnya itu virus yang umum, karena ketakutannya, itu dianggap virus HIV.

Jadi saran kami Anda cukup perlu menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, hindari rokok, hindari seks bebas, perbanyak konsumsi buah dan sayur, dan jika Anda tetap penasaran, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan HIV di penyedia layanan kesehatan terdekat yang bisa melakukan tes VCT. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda.(alodokter.com)