Menyongsong dan Meraih Revolusi Industri 4.0

Ini semua sebagai impak dari Revolusi Industri 4.0 yang dipicu adanya internet
Dr. Ir. MANEREP PASARIBU (Dosen Pascasarjana/MM Universitas Indonesia dan Penulis Buku Big Data Strategic for Knowledge Flow and Innovation 2019)/ Istimewa

Oleh : Dr. Ir. MANEREP PASARIBU (Dosen Pascasarjana/MM Universitas Indonesia dan Penulis Buku Big Data Strategic for Knowledge Flow and Innovation 2019)

Revolusi Industri 4.0 Ada di Sekitar Kita
Para pakar (ahli) menyebut dunia  yang kita huni saat ini sebagai dunia yang berani (a brave world), dunia baru (a new world), dunia tanpa batas (a globalized world), dunia digital (a digital world).

Ini semua sebagai impak dari Revolusi Industri 4.0 yang dipicu adanya “Internet” sebagai hasil dari teknologi digital. Dan internet dilahirkan secara dramatis karena berkembang pesatnya teknologi digital (1 dan 0) dan akan segera mengubah dunia (The Econimist, 2019) seperti ditunjukkan dalam Gambar 1 dibawah ini.

Di setiap aktivitas kita sehari-hari (kantor, restoran, rumah) telah bersliweran signal 1 dan 0 (signal digital) dari informasi yang kita kirim lewat WA, e-mail, instagram, facebook, twitter, berupa foto-foto, video dan lain-lain.

1 / 11
Selanjutnya