Sebanyak 36 LKPD Jatim Mendapat Opini WTP

Sebanyak 36 laporan keuangan mendapat opini WTP, dua LKPD tingkat kabupaten dan satu kota di Jawa Timur mendapat opini WDP.
Sebanyak 36 LKPD Jatim Mendapat Opini WTP
Wamenkeu Mardiasmo bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa/ Kemenkeu

Jawa Timur, Nusantaratv.com - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo hadir dalam acara Penganugerahan Pemerintah Republik Indonesia Terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di Provinsi Jawa Timur. 

Tiga puluh enam laporan keuangan mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dua LKPD tingkat kabupaten dan satu kota di Jawa Timur mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). 

"Meski begitu, secara nasional capaian ini masih kurang optimal, speed-nya harus ditambah," ujar Wamenkeu di Gedung Negara Grahadi, Jawa Timur, Rabu, (2/10/2019).

Baca Juga: Edukasi Generasi Muda Lewat Olimpiade APBN

Wamenkeu juga mengingatkan bahwa semua lini pemerintahan harus berkolaborasi. Pemerintah pusat harus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dari level provinsi, harus diharmonisasikan ke pemerintahan daerah di bawahnya. Ibarat sebuah roda kendaraan, semuanya harus berputar bersama, bergerak menuju tujuan bersama.

Wamenkeu juga berpesan tentang esensi dari opini WTP yang berhasil diraih oleh pemerintah daerah di Jawa Timur yaitu sebagai prasyarat tanggung jawab yang akuntabel dan kredibel terhadap uang rakyat. 

"Opini WTP bukan tujuan akhir, tapi sebagai sebuah prasyarat, bentuk tanggung jawab yang akuntabel dan kredibel. Kita harus menunjukkan keuangan negara yang berasal dari uang rakyat telah dikelola secara baik," jelas Wamenkeu.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0