Edukasi Generasi Muda Lewat Olimpiade APBN

Kemenkeu memberikan sosialisasi, edukasi, serta pemahaman mengenai APBN ke masyarakat melalui lomba Olimpiade APBN untuk tingkat SMA.
Edukasi Generasi Muda Lewat Olimpiade APBN
Menkeu Sri Mulyani Indrawati/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan sosialisasi, edukasi, serta pemahaman mengenai APBN ke masyarakat melalui lomba Olimpiade APBN untuk tingkat SMA. Hal ini dilakukan agar APBN makin meluas dipahami oleh generasi muda.

Di acara final lomba olimpiade APBN tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati merasa senang dengan antusiasme para finalis seperti para finalis dari SMAN 6 Palembang, SMAN 1 Tabanan, dan SMA Al Azhar Mandiri Palu yang berhasil masuk tahap final Olimpiade APBN 2019.

"Seluruh total peserta 1.466 sekolah bahkan ada yang dari Jeddah. Ini menggambarkan antusiasme anak-anak SMA untuk bisa berpartisipasi di Olimpiade APBN meningkat luar biasa. Dulu, saya SMA tidak tahu APBN. Jelas kalian generasi yang lebih maju dan negara RI senang karena generasi mudanya lebih baik dari yang sebelumnya," ujar Menkeu di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa, (1/10/2019).

Baca Juga: Berikut Ini 5 Fokus Utama Belanja Pemerintah Tahun 2020

Menkeu menjelaskan bahwa esensi anak-anak SMA ini mengikuti Olimpiade APBN agar mereka paham dan mampu menggambarkan APBN menggunakan #uangkita secara sederhana. Menkeu juga berharap seluruh peserta dapat menjadi duta APBN yang bisa menjelaskan ke masyarakat mengenai APBN.

"APBN tidak hanya menyusun angka-angka saja tapi bagaimana dampaknya ke negara. Pertumbuhan, pemerataan, kesempatan kerja, pengentasan kemiskinan dan berbagai porsi fiskal yang lain," kata Menkeu.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0