Bernyanyi Dapat Mengurangi Kebiasaan Mengorok

Bernyanyi Dapat Mengurangi Kebiasaan Mengorok
Mendengkur./shutterstock

Jakarta, Nusantaratv.com - Suara ngorok atau mendengkur nggak cuma ganggu orang lain, tapi juga mengganggu kualitas tidur diri sendiri lho. Nah, bagi yang ingin menghilangkan kebiasaan ini ada caranya, yakni bernyanyi.

Sebuah penelitian menemukan fakta, latihan bernyanyi bisa jadi cara menghilangkan ngorok tanpa efek samping. Dilansir dari NHS Choice, tim peneliti dari the Royal Devon and Exeter NHS Foundation Trust nemuin fakta kalau latihan bernyanyi itu efektif menghilangkan ngorok.

Kesimpulan ini didapat dari hasil pengamatan ke 127 orang yang selalu ngorok, dari yang tingkat rendah sampai kronis akibat sleep apnea. Mereka lantas diminta rutin berlatih nyanyi selama 20 menit setiap harinya. Alhasil selama tiga bulan mereka jadi jarang ngorok dibanding kelompok yang nggak latihan nyanyi.

Menurut laporan peneliti, latihan bernyanyi secara rutin itu bisa mengurangi tingkat keparahan dengkuran, frekuensi mendengkur, dan volume suara dengkuran. Jadinya bisa berefek ke kualitas tidur.

Nggak cuma menghilangkan ngorok, berkat latihan bernyanyi juga bikin stamina meningkat selama beraktivitas dan rasa kantuk waktu siang hari sirna.

Ini caranya

Nggak usah takut suara jelek waktu nyanyi. Juga tidak perlu paham baca tangga nada kok. Cukup lafalkan “la la la” atau “ma ma ma” dari nada yang paling rendah sampai setinggi yang bisa dinyanyikan secara bertahap. Sehabis itu, balik dari nada yang paling tinggi sampai paling rendah.

Setelahnya, ganti pelafalan jadi “ung-gah”. Suara “ung” itu bikin jaringan lunak pada langit-langit mulut turun menyentuh bagian belakang lidah dan suara “gah” bakal mengembalikan posisinya kembali seperti semula.

Latihan nyanyi ini mesti diulang berkali-kali. Selain itu perlu diimbangi juga dengan beberapa hal, yaitu menurunkan berat badan, mengurangi konsumsi alkohol, berhenti merokok, menghindari obat penenang, dan minum air putih yang cukup sebelum tidur.

Posisi tidur juga perlu diatur, yakni kepala lebih tinggi saat tidur. Bersihkan hidung juga sebelum tidur. Terakhir, pastikan kamar selalu lembap ya.(grid.id)