Soal Papua, Yenny Wahid Mau Pendekatan Militer Tak Dipakai

Yenny berharap dibangun poros ketiga untuk selesaikan masalah Papua
Soal Papua, Yenny Wahid Mau Pendekatan Militer Tak Dipakai
Yenny Wahid. (Republika)

Jakarta, Nusantaratv.com - Zanuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid meminta penyelesaian masalah Papua dengan jalur pengerahan kekuatan militer, dihentikan. Cara ini bukan hanya berlaku untuk menuntaskan persoalan di Papua, tapi juga seluruh wilayah di Indonesia.

"Pendekatan militeristik penyelesaian berbagai persoalan, harus dihentikan. Bukan hanya di Papua, tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah tidak boleh terus-menerus mengirim pasukan dengan alasan pertimbangan keamanan. Sebaliknya, pemerintah harus melakukan pendekatan dengan cara lain," ujar Yenny saat menerima pemuda dan mahasiswa asal Papua di Ciganjur, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Menurut putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu, pemerintah seharusnya lebih banyak mendengarkan suara dari rakyat Papua, bukan hanya bertindak berdasarkan kepentingan elit saja.  Yenny pun berharap dapat tercipta poros ketiga sebagai pencipta solusi yang nyata bagi Papua.

"Jadi bukan hanya yang sini ngotot begini, yang situ ngotot begitu. Bila terus saling ngotot maka tak akan ada solusi," tuturnya.

Yenny yakin poros ketiga ini yang bisa menawarkan solusi konkret bagi perdamaian di Papua. Apabila ada yang menginisiasi poros ini, ia dan keluarga siap mendukung. 

"Saya berharap teman-teman Papua inilah yang bisa menawarkan solusi jalan tengah atau the third way. Saya siap mendukung bersama keluarga dan teman-teman," tegas Yenny.

"Orang Papua bisa sukses di mana saja seluruh wilayah Indonesia. Orang Papua bisa menjadi Gubernur Jakarta, Jawa Tengah, atau Presiden Indonesia. Ini dijamin oleh konstitusi," tandas Yenny.