Wow, Tulisan Tangan Albert Einstein Tentang Teori Relativitas Terjual Rp 185 Miliar

Nusantaratv.com - 25/11/2021 14:23

Albert Einstein. (net)
Albert Einstein. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Ilmuwan pencipta teori relativitas, Albert Einstein baru-baru ini kembali menjadi perbincangan. Tulisan tangannya tentang teori relativitas laku terjual senilai Rp 185 Miliar. Kabar ini disampaikan Balai lelang di Paris

Naskah itu dihargai lebih tinggi dari prediksi awal dan menjadi yang tertinggi pernah dibayar untuk catatan ilmuwan jenius.

Catatan itu adalah pekerjaan Einstein tentang teori relativitas yang diterbitkannya pada 1915. Balai lelang Christie's menyebutnya sebagai manuskrip Einstein yang paling berharga.

"Tanpa diragukan lagi itu adalah manuskrip Einstein yang paling berharga yang pernah dijual di balai pelelangan Christie's. Sebelumnya pelelangan memprediksi harganya akan terjual dua hingga tiga juta euro," tulis keterangan balai lelang Christie's, mengutip Detik.com.

Rekor sebelumnya untuk karya Einstein adalah God Letter pada 2018 senilai Rp 40 miliar. Setahun sebelumnya adalah surat tentang rahasia kebahagiaan dengan harga Rp 21,4 miliar.

Dilansir dari AP Forum, Kamis (25/11/2021), pelelangan terjadi awal pekan ini dengan tersisa dua penawar. Mereka memperebutkannya melalui telepon dengan kelipatan 200.000 euro.

Sampai sekarang tidak ada informasi tentang identitas dari kolektor yang menang. Saat lelang berlangsung, ada sekitar 100 kolektor dan penonton yang muncul untuk menawar sekaligus menonton.

Catatan itu setebal 54 halaman yang ditulis tangan oleh Einstein pada 1913 dan 1914 di Zurich, Swiss. Tak hanya oleh Einstein, catatan itu juga ditulis oleh rekan serta orang kepercayaannya, insiyur asal Swiss, Michele Besso.

Christie's mengtakan keluarga Besso selama ini menyimpan manuskrip untuk disimpan.

"Ini seperti sebuah keajaiban karena jenius kelahiran Jerman itu sendiri tidak mungkin berpegang pada apa yang dianggapnya sebagai dokumen kerja sederhana," kata Christie's.

Catatan itu juga disebut sebagai harta karun dan warisan dar ilmuwan terbesar di abad ke-20. Lembarannya berisi teori relativitas umum, membangun teori khusus dari tahun 1905 yang diringkas dengan persamaan terkenal E = mc2.

Albert Einstein meninggal pada 1955 dalam usia 76 tahun. Dia dipuji sebagai salah satu fisikawan teoretis terbesar sepanjang masa. Teorinya merevolusi di bidangnya dan mengenalkan cara-cara baru dalam memandang pergerakan obyek dalam ruang dan waktu.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in