Tes Kesehatan Mental dan Tips Menjaga Hubungan dengan Pasangan

Nusantaratv.com - 06/08/2022 17:07

Tes kesehatan mental
Tes kesehatan mental

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Tidak jarang masalah dalam hubungan dengan pasangan dimulai dari kesehatan mental yang terganggu. Kondisi ini menyebabkan perubahan pada diri dan sikap, sekaligus mempengaruhi interaksi dengan pasangan Anda. Karena alasan inilah, pasangan-pasangan yang hendak menikah umumnya diwajibkan untuk melakukan tes kesehatan mental guna memastikan kesiapannya mengaruhi biduk rumah tangga.

Sebaiknya, tes kesehatan mental tidak hanya dilakukan ketika Anda memutuskan melanjutkan atau memulai ke jenjang perkawinan. Tes kesehatan mental di psikolog maupun melalui platform SehatQ juga perlu Anda pertimbangkan sebagai kebiasaan rutin guna menjaga hubungan dengan pasangan senantiasa harmonis.

Tidak bisa ditampik, hasil tes kesehatan bisa menjadi gambaran langkah apa yang harus Anda lakukan selanjutnnya agar tidak mengacaukan hubungan Anda dan pasangan. Tentunya pula, jangan lupa untuk melakukan hal-hal di bawah ini agar hubungan Anda semakin harmonis.

Saling Jujur dan Terbuka

Kunci dalam sebuah hubungan adalah sikap jujur dan terbuka. Tidak jarang hubungan dengan pasangan menjadi berantakan karena adanya ketidakjujuran yang sudah dibiarkan dari awal dan tidak berupaya dijelaskan di depannya. Tidak jaran pula kondisi ketidakjujuran memberi rasa stres hingga memicu masalah mental tanpa Anda dan pasangan sendiri. Inilah yang berpengaruh pula pada relasi dengan pasangan yang menjadi lebih emosional.

Lakukan Komunikasi Berkualitas

Tidak ada hubungan yang bisa terbangun dan bertahan jika tidak diiringi dengan komunikasi yang baik. Jangan remehkan masalah komunikasi karena bisa membuat salah paham ataupun rasa tidak dianggap jika tidak berjalan apik. Buatlah waktu komunikasi berkualitas tiap hari untuk memperteguh hubungan Anda dengan pasangan. Contohnya, Anda bisa melakukan obrolan ringan tiap kali hendak tidur malam.

Tidur di Waktu yang Sama

Bukan hanya tidur di ranjang yang sama yang bisa menjaga hubungan Anda dengan pasangan. Tidur di waktu yang sama ternyata bisa memperkuat relasi antar individu! Waspadai jika Anda memiliki waktu tidur yang berbeda dengan pasangan karena potensi kerenggangan hubungan lebih mudah terjadi. Jika akhir-akhir ini Anda menjadi sulit tidur di waktu yang sama dengan pasangan karena mengalami insomnia, tidak ada salahnya pula melakukan tes kesehatan mental di SehatQ maupun psikolog untuk memastikan ada tidaknya masalah mental yang Anda alami.

Tes Kesehatan Bersama

Kehamornisan sebuah hubungan juga bisa terbentuk dari tubuh dan mental yang sehat. Karena itu, biasakan untuk menjadwalkan tes kesehatan mental maupun fisik bersama pasangan secara berkala. Ini bisa menjadi evaluasi terkait hubungan Anda, mengenai apa yang bisa diperbaiki dan apa yang bisa ditangani secara bersama-sama. Mengetahui hasil tes kesehatan pasangan juga bisa membuat permakluman lebih terhadap kondisi yang terjadi di luar harapan.

Jangan Terus Ungkit Masa Lalu

Anda harus berani melupakan jika ingin hubungan dengan pasangan saat ini senantiasa harmonis. Lupakan masa lalu dan jangan mengungkitnya terus di hadapan pasangan. Melupakan masa lalu yang dimaksud bukan hanya masalah mantan, melainkan pula tidak mengungkit kesalahan pasangan yang pernah terjadi di masa lampau.

Tunjukkan Perhatian

Saling memberi perhatian akan membuat Anda dan pasangan sama-sama merasa dicintai. Namun yang harus dipahami, perhatian yan dibutuhkan tiap orang tidaklah sama. Sebaiknya, Anda mengenali dahulu bahasa cinta dari pasangan untuk bisa memberikan perhatian yang lebih sesuai dengan ekspektasinya. Dengan begitu, perhatian Anda bisa lebih tersampaikan dengan baik.

Tes kesehatan mental di SehatQ ataupun psikolog tidak akan mengganggu hubungan Anda dan pasanga. Justru dengan memahami kondisi mental masing-masing, pengertian dan pemakluman lebih mudah terjadi dalam hubungan sehingga keharmonisan dapat lebih mudah terwujud.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in