Malam Lailatul Qadar Segera Tiba, Persiapkan Diri Menyambut Kedatangannya

Nusantaratv.com - 20/04/2022 07:56

Ilustrasi (istockphoto)
Ilustrasi (istockphoto)

Penulis: Armansyah

Nusantaratv.com - Tak terasa bulan Ramadhan telah memasuki hari ke-18. Artinya tak lama lagi 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan segera tiba. Semua umat muslim menunggu datangnya 10 hari terakhir ini dikarenakan di salah satu malamnya akan turun Malam Lailatul Qadar.

Bukan tanpa alasan, malam yang disebut-sebut lebih baik dari seribu bulan itu merupakan malam kemuliaan dimana keutamaannya digambarkan dalam Surah Al-Qadar. 

Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Qadr:1-5 sebagai berikut. 

innā anzalnāhu fī lailatil-qadr
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. 

wa mā adrāka mā lailatul-qadr
Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? 

lailatul-qadri khairum min alfi syahr
Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. 

tanazzalul-malā`ikatu war-rụhu fīhā bi`iżni rabbihim, ming kulli amr
Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. 

salāmun hiya hattā matla’il-fajr
Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Dalam 10 hari terakhir Ramadhan, menjadi malam perburuan bagi umat muslim, karena pada salah satu malamnya terdapat malam Lailatul Qadar yang turun. Rasulullah SAW sendiri mencarinya pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan yang tidak dilakukan beliau pada malam-malam yang lain.

Allah SWT menjanjikan hadiah yang melimpah bagi mereka yang menghabiskan waktu dalam ibadah dan meminta dalam permohonan yang rendah hati kepada Allah apapun yang mereka inginkan. Malam Lailatul Qadar akan terus terjadi hingga Hari Kiamat, dan umat Islam dianjurkan untuk mencarinya secara bersungguh-sungguh. 

Di Ramadhan 1443 H ini, 10 malam tersebut merentang sejak Jumat, 22 April 2022 hingga Minggu, 30 April 2022. Dalam Fathul Bari, Ibnu Hajar Asqalani mengutip riwayat dari Abu Hurairah, bahwa Nabi saw. bersabda, “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Barangsiapa berdiri (shalat) saat Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”
 
Banyak berdoa, membaca Alquran, melakukan zikir, melakukan perbuatan baik, dan menghindari berbohong, dari awal Ramadhan dapat mengantar kita menjumpai malam Lailatul Qadar. 

Kita hampir menyelesaikan dua pertiga puasa dan inilah saatnya untuk melihat ke dalam apakah kita telah mencapai apa yang Allah dan Nabi (saw) perintahkan kepada kita untuk dilakukan. Atau, apakah yang kita lakukan sesuai dengan parameter syariah atau ibadah kita telah dilakukan dengan niat baik. (dari berbagai sumber)
 
 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in