Lina Medina Wanita Termuda di Dunia yang Pernah Melahirkan, Jalani Persalinan di Usia 5 Tahun!

Nusantaratv.com - 05/08/2022 22:20

Lina Medina / reddit
Lina Medina / reddit

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Lina Medina menjadi wanita termuda yang pernah melahirkan dalam catatan sejarah ketika dia menjalani operasi caesar pada usia 5 tahun, 7 bulan dan 21 hari, menurut situs pengecekan fakta Snopes.

Dijelaskan bahwa Medina tinggal di Ticrapo, Peru, dan pada bulan April 1939, orang tuanya membawanya ke Rumah Sakit Pisco dan menyatakan keprihatinannya bahwa tumor besar tumbuh di perutnya.

Setelah mengevaluasi Medina, dokter menentukan bahwa anak itu sebenarnya hamil sekitar tujuh bulan.

"Lina hamil karena diperkosa namun Identitas pemerkosanya tidak dapat dikonfirmasi, sebagian, karena anak berusia 5 tahun itu tidak dapat memberikan tanggapan yang tepat untuk pertanyaan tentang peristiwa tersebut, " kata  dokter-peneliti Edmundo Escomel dalam jurnal La Presse Médicale edisi Mei 1939 di Prancis.

Medina kemudian melahirkan bayi laki-laki seberat 2,7 kilogram pada 14 Mei 1939 di rumah sakit di Lima. Bayi itu hanya bisa dilahirkan melalui operasi caesar karena ukuran panggul Medina yang kecil.

Selama prosedur, dokter melakukan biopsi sampel jaringan dari salah satu ovarium Medina dan menemukan bahwa jaringan tersebut mirip dengan wanita dewasa.

Anak itu awalnya dilaporkan sudah mulai menstruasi pada usia 3 tahun, tetapi laporan kemudian menyatakan bahwa dia mengalami menstruasi pertamanya pada usia 8 bulan.

Dalam laporan yang diterbitkan pada bulan Desember 1939 di La Presse Medicale, Escomel berteori bahwa anak mulai pubertas luar biasa dini karena beberapa gangguan kelenjar pituitary,  kelenjar berbentuk kacang di dasar otak yang mengarahkan ke produksi tubuh, hormon seks.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in