Kunker ke Manggarai, Gubernur Laiskodat Diterima dengan Upacara Adat " Tuak Curu"

Nusantaratv.com - 19 April 2022

Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit memberikan cenderamata berupa kain songke kepada Gubernur NTT. Foto (Prokopim Manggarai)
Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit memberikan cenderamata berupa kain songke kepada Gubernur NTT. Foto (Prokopim Manggarai)

Penulis: Gabrin

Nusantaratv.com - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai. Gubernur dan Rombongan tiba di Rumah Jabatan Bupati Manggarai pada Minggu (17/4/2022) pukul 19.30 Wita.

Gubernur beserta rombongan diterima langsung oleh  Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit bersama Wakil Bupati Heribertus Ngabut serta unsur Forkopimda dan Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Manggarai.

Gubernur dan rombongan diterima secara adat Manggarai "Tuak Curu" dan pengalungan, dan dilanjutkan dengan ritus adat "Tuak Kapu".

Upacara adat Tuak Curu sendiri adalah warisan adat Manggarai yang hingga saat ini masih terpelihara dengan baik. Upacara ini dilakukan untuk menghormati tamu yang berkunjung ke Manggarai.

Mewakili masyarakat Manggarai, Bupati Hery menyampaikan selamat datang kepada Gubernur dan rombongan. Di hadapan Gubernur, Bupati Hery juga memperkenalkan unsur Forkopimda yang sempat menyambut kedatangan Gubernur Laiskodat. 

"Kepada Bapa Gubernur dan Rombongan selamat datang kembali di Kabupaten Manggarai, terima kasih alokasi waktu untuk kami di Manggarai selama 3 hari. Ini luar biasa. Semoga apa yang kami siapkan memenuhi harapan dan tidak mengecewakan," ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Hery memberikan cenderamata berupa kain songke kepada Gubernur. 

Kain songke itu, jelas Bupati Hery, ditenun oleh anak muda Manggarai, benang yang digunakan "premium" dan merupakan bantuan dari Ibu Julie Laiskodat. Juga dijelaskan kepada Gubernur filosofi motif songke tersebut. 

Saat menerima cenderamata itu, Gubernur Laiskodat mengaku bangga atas hasil tenunan tersebut. Menurutnya, tenunan itu akan sengat bernilai karena mengandung cerita di balik motifnya.

"Kain yang luar biasa, siapa pun yang pakai akan terlihat bermartabat, baik untuk dirinya maupun untuk Manggarai," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close