Konsumsi Makanan Ini Bisa Bikin Tidur Lebih Berkualitas? 

Nusantaratv.com - 14/05/2022 19:28

Ilustrasi, tidur berkualitas (net)
Ilustrasi, tidur berkualitas (net)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Makanan bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi bagaimana seseorang bisa lebih mudah tidur dengan lelap maupun terjaga sampai larut malam. Hal ini disebabkan karena adanya nutrisi tertentu dalam makanan yang memberikan pengaruh bagi tubuh.

Ada empat vitamin dan mineral utama yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, vitamin dan mineral tersebut ada dalam makanan yang dapat kita temui sehari-hari. 

Keempat zat tersebut adalah Triptofan, Magnesium, Kalsium, dan Vitamin B6. Zat-zat ini oleh tubuh digunakan untuk memproduksi hormon yang disebut dengan Melatonin. Melatonin adalah hormon yang bertanggungjawab mengatur ritme sirkadian (pola tidur/bangun). 

Ketika kita akan tidur hormon ini secara alami meningkat sehingga membantu kita segera tertidur, sedangkan pada saat mendekati waktu bangun hormon melatonin akan menurun sehingga kita akan mudah terbangun.

Beberapa makanan secara alami mengandung empat zat diatas. Memakan makanan tersebut pada waktu yang tepat akan meningkatkan kualitas tidur.

Yuk cari tau makanan apa saja yang mengandung Triptofan, Magnesium, Kalsium, dan Vitamin B6 secara alami.

1. Triptofan

Triptofan adalah asam amino yang ketika dicerna oleh tubuh akan berubah menjadi neurotransmitter serotonin dan kemudian diubah menjadi hormon melatonin. Kita dapat menemukan zat ini pada buah-buahan seperti apel, pisang alpukat dan persik. Sedangkan pada sayuran kita dapat menemukan zat ini pada bayam, brokoli, lobak hijau, asparagus, bawang bombay dan rumput laut. Selain itu Triptofan banyak terkandung dalam udang, salmon, tuna dan sarden.

2. Magnesium

Magnesium sangat berperan penting dalam proses tidur, memberi relaksan pada tubuh serta membantu menonaktifkan andrenalin. Magnesium terdapat pada sayuran dengan daun berwarna gelap seperti bayam dan kangkung. Kacang dan biji-bijian seperti almond, biji bunga matahari, kacang brazil, kacang mete, kacang pinus, biji rami serta kacang pican juga mengandung banyak Magnesium.

3. Kalsium

Kalsium berperan membantu memproduksi hormon melatonin, kekurangan kalsium membuat anda terbangun di tengah malam dan sulit untuk kembali tidur. Produk susu yang memiliki kandungan Triptofan dan kalsium membantu proses tidur dengan sangat baik. Penelitian mengungkapkan bahwa diet kaya kalsium telah terbukti membantu pasien insomnia. Sumber kalsium terbaik terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang tanah, lentil, kedelai, almond, biji chia, dan biji wijen. Sedangkan pada sayuran terdapat pada sayuran dengan daun gelap seperti bayam, kangkung dan brokoli.

4. Vitamin B6

Vitamin B6 juga membantu mengubah triptofan menjadi melatonin. Kekurangan B6 telah dikaitkan dengan penurunan kadar serotonin dan kurang tidur. Kekurangan B6 juga terkait dengan gejala depresi dan gangguan mood yang dapat menyebabkan insomnia. Biji bunga matahari, Kacang Pistachio, Benih lenan, Ikan (tuna, salmon, halibut), Daging (ayam, tuna, babi tanpa lemak, daging sapi tanpa lemak,), Plum kering, Pisang, Alpukat dan bayam adalah makan yang kaya akan Vitamin B6.

Demikianlah beberapa zat yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber: digstraksi.com

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in